Kasus Penganiayaan Pesanggrahan

Sidang Vonis AG Akan Digelar Terbuka Siang Ini

Sidang pembacaan putusan vonis untuk AG, anak berkonfilik dengan hukum dalam kasus penganiayaan David Ozora akan berlangsung secar terbuka.

Featured-Image
Terdakwa anak AG tiba di PN Jaksel (Foto:apahabar.com/Daffa)

bakabar.com, JAKARTA - Sidang pembacaan vonis terhadap AG (15) sebagai anak berkonflik dengan hukum akan berlangsung di Pengadilan Negeri (PN), Jakarta Selatan pada hari ini, Senin (10/4).

Hal ini diungkap Staf Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djuyamto dalam keterangan resminya. Menurutnya sidang akan berlangsung pukul 14.00 WIB siang ini.

"Bahwa pembacaan putusan dilakukan dalam sidang terbuka untuk umum di ruang sidang anak," kata Djuyamto.

Meskipun terbuka, kata Djuyamto, namun jumlah pengunjung sidang dibatasi untuk 20 orang mengingat ukuran ruang sidang terbatas.

Baca Juga: Mantan Kekasih Mario Dandy Bakal Bersaksi di Sidang AG

Ia menyebut kapasitas ruang sidang anak di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan seluas 6x10 meter persegi, hanya bisa dihadiri maksimal 20 personel.

"Itu sudah termasuk hakim, panitera pengganti, Jaksa Penuntut Umum, terdakwa, orang tua dan penasehat hukum terdakwa, pembimbing kemasyarakatan, pekerja sosial pendamping terdakwa, keluarga korban," papanya.

Berdasarkan informasi dari sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan bahwa sidang perkara tertuang dalam Nomor 4/Pid.Sus-Anak/2023/PN JKT.SEL.

Baca Juga: Kubu David Pastikan Sidang AG Tutup Peluang Musyawarah

Dalam sidang sebelumnya, Jaksa penuntut umum menuntut AG dengan pidana penjara selama 4 tahun dengan ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

AG didakwa Pasal 353 ayat 2 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan Pasal 355 ayat 1 jo Pasal 56 ke-2 KUHP subsider Pasal pasal 353 ayat 2 KUHP jo Pasal 56 ke-2 KUHP tentang penganiayaan berat.

Anak berusia 15 tahun itu juga didakwa Pasal 76 C jo Pasal 80 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan UU Nomor 23 tahun 2022 tentang perlindungan anak.

Editor


Komentar
Banner
Banner