Transaksi Mencurigakan

Berkaca Bisnis Mobil Kapolres Kotabaru, Butuh Berapa Lama Bisa Cuan Ratusan Miliar?

Kapolres Kotabaru, AKBP Tri Suhartanto mengaku riwayat transaksi Rp300 miliar dalam rekeningnya terkait dengan bisnis, salah satunya jual beli mobil.

Featured-Image
Ilustrasi bisnis mobil bekas. (Foto; apahabar.com/Regent)

bakabar.com, JAKARTAKapolres Kotabaru, Kalimantan Selatan, AKBP Tri Suhartanto mengaku riwayat transaksi Rp300 miliar dalam rekeningnya terkait dengan bisnis, salah satunya jual beli mobil bekas.

Adapun transaksi 'gendut perihal dengan bisnis tersebut, berdasarkan Laporan Hasil Analisis (LHA) PPATK yakni dari data yang ditarik sejak 2004 sampai 2018.

Kapolres Kotabaru Kalsel itu mengungkapkan, selain jual beli mobil, ada juga bisnis lainnya, namun bisnis yang dijalankan Tri dihentikan ketika dirinya bertugas menjadi penyidik KPK pada akhir 2018.

Berkaca dari bisnis AKBP Tri terkait jual beli mobil bekas yang dapat cuan Rp300 miliar, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis tersebut, dan butuh waktu berapa lama? mari disimak.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Gak Dingin, Servis Kena Berapa? Begini Solusinya

Untuk mendapat gambarannya, redaksi bakabar.com mencoba menelusuri diler jual beli mobil bekas, Bryan Auto Gallery (BAG), yang berada di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan.

Bryan Auto Gallery (BAG), yang menjajakan beragam mobil bekas buatan Amerika, Jepang dan Eropa dengan harga bervariasi tersebut, mengklaim setidaknya 10-12 unit mobil dapat laku terjual setiap bulannya.

"10 hingga 12 unit per bulan, yang paling laku itu biasanya model Alphard dan APV," ujar Marketing BAG, Arbian, saat ditemui bakabar.com, di BAG, Jakarta, Senin (10/7).

Baca Juga: Rekening Gendut Kapolres Kotabaru, MAKI: Bisnis Mobil Untung Segitu?

Perihal harga, showroom BAG menjual mobil dengan harga yang variatif. Untuk yang termurah, mereka menawarkan model Ford EcoSport 1.5 di kisaran Rp150 juta.

Sementara itu, untuk unit yang termahal, mereka menawarkan BMW Z4 sDrive30i G29 MSport Roadster 2023, dengan kondisi gress brand new.

BMW Z4 sDriver30i G29 Msport Roadster 2023 (Foto: bakabar.com/Regent)
BMW Z4 sDriver30i G29 Msport Roadster 2023 (Foto: bakabar.com/Regent)

Dengan ketersediaan berbagai unit mobil tersebut dan harga bervariasi dari bisnis mobil tersebut, ia mengungkapkan bahwa perlu belasan hingga puluhan tahun untuk menghasilkan ratusan miliar rupiah.

Kendai demikian, dirinya pun menyebut penjualan mobil sedang menunjukkan tren penurunan akhir-akhir ini.

"Penjualan lagi agak turun. Biasanya diiklanin di sosial media dan marketplace," ungkapnya.

Baca Juga: Waspada Modus Pecah Ban Mobil, Begini Cara Menangani dan Mencegahnya

Mobil bekas yang dibeli dari BAG, akan ditawarkan garansi dari pihak ketiga. Namun, itu kembali kepada masing-masing pembelinya, yang biasanya jarang menggunakan tawaran tersebut.

Jika membandingkan data Laporan Hasil Analisis (LHA) PPATK pada bisnis jual beli mobil bekas AKBP Tri yang mencapai Rp300 miliar membutuhkan waktu 14 tahun, itu relevan dengan usaha sebuah diler mobkas yang dijalankan BAG.

Editor
Komentar
Banner
Banner