LIFESTYLE

Sudah Tahu Belum, Makanan Manusia yang Aman Untuk Kucing?

Beberapa orang senang memberi makanan kepada kucing, terutama dengan hidangan yang dikonsumsi sendiri.

Featured-Image
Ilustrasi kucing yang sedang menyikat gigi. Foto: Bola.net.

bakabar.com, JAKARTA – Beberapa orang senang memberi makanan kepada kucing, terutama dengan hidangan yang dikonsumsi sendiri.

Kebiasaan itu sering ditemui pada beberapa tempat makan. Namun perlu diperhatikan tidak semua makanan manusia cocok dengan selurah pencernaan kucing.

Dilansir dari The Honest Kitchen, tidak hanya sehat, berikut beberapa makanan manusia yang aman dikunsumsi kucing.

Baca Juga: Kecanduan Gadget, Bisa Ganggu Kesehatan Mata Hingga Obesitas

Daging Tanpa Lemak

Ilustrasi daging beku
Ilustrasi daging beku. Foto-net

Meski sering bertingkah lucu, tapi kucing masih termasuk ke dalam kelompok hewan karnivora. Artinya, kucing merupakan hewan yang senang mengkonsumsi daging.

Tapi, tidak semua daging aman dikonsumsi kucing. Pastikan untuk tetap memberikan daging tanpa lemak dan dimasak.

Hal itu dilakukan untuk menghindari potensi penyakit bawaan yang akan membuat kucing sakit. Penyakit-penyakit seperti salmonella, e. Coli, atau listeria, sering ditemukan pada makanan mentah.

Makanan seperti daging sapi kaya akan asam amino esensial yang sangat baik bagi kesehatan kucing.

Tapi, perlu diperhatikan daging tanpa lemak yang diberikan kepada kucing tidak mengandung bumbu dan saus tambahan.  Karena hal itu dapat menyebabkan gangguan dalam sistem pencernaan kucing.

Baca Juga: Hindari Enam Buah ini Saat Sarapan, Karena Kandungan Gula Tinggi

Ikan yang Telah Dimasak

Ikan Shisamo Goreng - bakabar.com
Ikan Shisamo Goreng. Foto: Dok. Freepik

Ikan menjadi makanan favorit bagi kebanyakan kucing. Bahkan, gambaran kesukaan kucing terhadap ikan sering ditemui dalam berbagai media.

Tidak hanya menjadi makanan favorit, ikan juga berdampak baik terhadap kesehatan kucing. Pasalnya, ikan mengandung berbagai senyawa sehat seperti asam amino alami, asam lemak omega 3, dan minyak ikan.

Tapi, sama halnya dengan daging, ikan yang diberikan kepada kucing harus matang dan tidak diberi bumbu tambahan seperti garam dan rempah-rempah.

Sebagai catatan juga bahwa Ikan juga bukan makanan ideal untuk diberikan kepada kucing setiap hari.

Baca Juga: Olahraga Isometrik, Rekomendasi untuk Tekanan Darah Tinggi

Telur

Telur di Pasar Rejowinangun
Telur di Pasar Rejowinangun (Apahabar.com/Arimbihp)

Selain sehat untuk manusia, telur juga menjadi salah satu makanan yang aman dikunsumsi manusia. Telur mengandung banyak nutrisi dan sangat mudah untuk dicerna.

Tidak hanya sebagai makanan utama, telur juga bisa menjadi camilan bagi kucing. Tapi, telur yang diberikan harus matang dan tidak diberi bumbu.

Sama seperti manusia, pemberian telur dalam keadaan mentah akan membuat kucing menjadi sakit, karena mengandung banyak bakteri.

Baca Juga: Benarkah Gigi Kuning Pertanda Kondisi Gigi Tidak Sehat?

Brokoli Kukus

Sudah Tahu Belum Makanan Manusia yang Aman Untuk Kucing?
Ilustrasi brokoli kukus. Foto: topwisata

Karena termasuk hewan karnivora, kucing tentu tidak menyukai makanan yang terbuat dari sayuran. Namun, kucing ternyata menyukai Brokoli.

Sayuran itu diketahui cukup aman dikunsumsi kucing dari segala usia. Namun brokoli yang diberikan harus dikukus terlebih dahulu.

Brokoli kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh kucing. Sayuran itu dapat membantu kucing buang air besar secara teratur.

Editor


Komentar
Banner
Banner