gizi

5 Makanan dengan Protein Tinggi, Mana Paling Enak?

Makanan adalah kebutuhan kita sehari-hari yang harus dipenuhi. Makanan yang lezat harus juga diimbangi dengan protein yang tinggi agar bagus bagi kesehatan.

Featured-Image
Makanan yang memiliki protein tinggi, salah satunya Telur, Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Makanan adalah kebutuhan kita sehari-hari yang harus dipenuhi. Makanan yang lezat harus juga diimbangi dengan protein yang tinggi agar bagus bagi kesehatan.

Protein adalah kategori besar molekul yang mendukung struktur sel, fungsi kekebalan, pergerakan, reaksi kimia, sintesis hormon, dan banyak lagi. Semuanya terdiri dari bahan penyusun kecil yang disebut asam amino. Sembilan di antaranya penting – artinya tubuh Anda membutuhkannya tetapi tidak dapat memproduksinya sendiri, jadi Anda perlu mendapatkannya dari makanan Anda.

Protein tidak hanya penting untuk kesehatan Anda tetapi mengonsumsinya dapat membuat Anda merasa kenyang dan puas, sehingga mendukung berat badan yang sehat.

Tunjangan diet yang direkomendasikan (RDA) untuk protein ditetapkan sebesar 0,36 gram (g) protein per pon berat badan Anda (0,8 g per kilogram). Ingatlah bahwa ini mencerminkan jumlah protein minimum yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Mengutip dari healthline, berikut 5 makanan yang lezat nan berprotein tinggi:

1. Telur

Sebutir telur utuh adalah sumber protein yang bagus dan mudah diserap tubu. Telur juga memiliki sumber vitamin, mineral, lemat sehat, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Mengutip dari healthline, Satu telur besar (50 g) menyediakan 6,3 g protein.

Perlu diingat bahwa putih telur hampir merupakan protein murni, tetapi telur utuh yang mengandung kuning telur memberikan lebih banyak nutrisi, termasuk vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat.

Satu telur besar (50 g) menyediakan 6,3 g protein.

2. Dada Ayam

Dada ayam adalah pilihan yang sangat baik jika Anda mencoba meningkatkan asupan protein. Selain protein, ayam menyediakan beragam vitamin B, ditambah mineral seperti zinc dan selenium. Setengah dada ayam (86 g) menyediakan 26,7 g protein

3. Susu

Susu mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Ini adalah sumber protein berkualitas tinggi, dan kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2)

Akan tetapi, susu tak bisa dikonsumsi oleh semua orang. Banyak orang dengan intoleransi laktosa tidak dapat mengomsumsi susu dan produk susu lainnya, dan mereka menghindari banyak makanan yang mengandung susu.

4. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik dan menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting, seperti yodium, selenium, dan vitamin B12

Orang yang memasukkan banyak ikan ke dalam makanannya cenderung memiliki risiko lebih rendah terhadap kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu, ikan berlemak seperti salmon dan herring kaya akan lemak omega-3, yang memiliki manfaat kuat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk mendukung kesehatan jantung.

Semua jenis ikan mengandung protein tinggi. Misalnya, setengah fillet salmon (124 g) menyediakan 30,5 g protein, sedangkan fillet ikan cod (180 g) menyediakan 41 g protein.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein nabati terkaya, menjadikannya pilihan yang sangat baik jika Anda mengikuti pola makan vegetarian atau vegan.

Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan nutrisi lain, termasuk serat, folat, magnesium, potasium, zat besi, tembaga, dan mangan.

Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi lentil dan kacang-kacangan lainnya memiliki risiko lebih rendah terkena kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan penyakit hati berlemak. 100 g kacang-kacangan (sekitar 1/2 cangkir) menyediakan 9,02 g protein.

Kacang-kacangan berprotein tinggi lainnya termasuk buncis, yang menyediakan 7,05 g protein per 100 g yang dimasak, dan kacang hitam, yang menyediakan 8,86 g protein per 100 g yang dimasak.

Nah itu dia makanan dan minuman yang berptotein tinggi, jadi gimana adakah diantara itu makanan yang paling enak dan sering Anda komsumsi?

Editor


Komentar
Banner
Banner