Atasi Kecanduan

Kecanduan Gadget, Bisa Ganggu Kesehatan Mata Hingga Obesitas

Perkembangan teknologi yang masif menjadikan gadget sebagai kebutuhan yang tidak terlepaskan, bahkan dapat menjadi adiksi atau kecanduan yang tidak disadari.

Featured-Image
ilustrasi kecanduan gadget dalam keluarga. Foto: fizkes/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Perkembangan teknologi yang masif menjadikan gadget sebagai kebutuhan yang tidak terlepaskan, bahkan dapat menjadi adiksi atau kecanduan yang tidak disadari.

Adiksi itu dikenal sebagai kecanduan teknologi atau nomophobia (fobia kehilangan ponsel), merujuk pada ketergantungan yang berlebihan terhadap penggunaan gadget seperti ponsel, tablet, komputer, dan perangkat elektronik lainnya.

Gejala dan bahaya kecanduan gadget dapat melibatkan aspek fisik, mental, sosial, dan emosional. Berikut adalah beberapa bahaya yang terkait dengan kecanduan gadget dikutip dari Unair News.

Baca Juga: Hindari Enam Buah ini Saat Sarapan, Karena Kandungan Gula Tinggi

Bahaya Kecanduan Gadget

Risiko Kesehatan Mata

Menatap layar gadget untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan mata yang dikenal sebagai asthenopia atau sindrom mata lelah dan masalah mata lainnya.

Bermain gadget terlalu lama dapat menyebabkan kesehatan mata menurun. Foto: Motortion/istock photo
Bermain gadget terlalu lama dapat menyebabkan kesehatan mata menurun. Foto: Motortion/istock photo

Risiko Kesehatan Mental

Lebih dari separuh individu yang terhubung dengan internet telah mengalami situasi di mana mereka menghadapi tindakan intimidasi (bullying), dan sekitar sepertiganya mengalami isolasi sosial, sementara sisa sepersepuluh menghadapi situasi bullying.

Gangguan Tidur (Insomnia)

Radiasi sinar biru yang dipancarkan oleh gadget dapat mengganggu ritme tidur. Penggunaan gadget sebelum tidur dapat memperburuk kondisi ini dan membuat tidur menjadi sulit.

kecanduan gadget
Bermain gadget terlalu lama dapat menyebabkan insomia. Foto: Arsenii Palivoda/istock photo

Risiko Obesitas

Pemaparan yang berlebihan pada gadget cenderung mengurangi aktivitas fisik dan mobilitas. Orang cenderung menghindari aktivitas fisik seperti olahraga, berjalan-jalan, dan bahkan memilih makan camilan sambil menggunakan gadget, yang bisa menyebabkan masalah kelebihan berat badan.

Kekurangan Interaksi Langsung

Keterlibatan yang berlebihan dalam kehidupan virtual dapat mengakibatkan penurunan interaksi langsung di dunia nyata, mengurangi hubungan sosial dan pengalaman langsung.

Penurunan Prestasi Sekolah

Gangguan tidur, kurangnya konsentrasi akibat penggunaan gadget berlebihan, serta manajemen waktu yang buruk dapat berdampak negatif pada prestasi akademis.

Latihan Isometrik Otot, Wall Squat - apahabat
Latihan Isometrik Otot, Wall Squat. Foto: dok. Freepik

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Batasi Waktu Gadget

Tetapkan batasan waktu harian untuk menggunakan gadget. Hindari penggunaan gadget sebelum tidur.

Aktivitas Fisik

Upayakan untuk tetap aktif fisik dengan berolahraga, berjalan kaki, atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Kurangi waktu yang dihabiskan di depan layar gadget.

Interaksi Sosial

Prioritaskan interaksi sosial langsung dengan keluarga, teman, dan lingkungan sekitar. Libatkan diri dalam kegiatan sosial di dunia nyata.

Manajemen Waktu

Buat jadwal yang teratur untuk tidur, belajar, bekerja, dan istirahat. Hal ini akan membantu meningkatkan manajemen waktu dan konsentrasi.

Ingatlah bahwa mengelola penggunaan gadget dengan bijak akan membantu menjaga keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan Anda.

Editor


Komentar
Banner
Banner