Gaya Hidup Sehat

Hindari Enam Buah ini Saat Sarapan, Karena Kandungan Gula Tinggi

Sebagian orang senang mengonsumsi buah sebagai menu sarapan, namun tidak semua buah baik untuk konsumsi setiap pagi.

Featured-Image
Hindari konsumsi buah pisang, jeruk, mangga semangka, anggur, stroberi, kelapa dan jeruk bali saat sararan karena mengandung gula yang tinggi. Foto: kirin photo/istock photo

bakabar.com, JAKARTA –  Sebagian orang senang mengonsumsi buah sebagai menu sarapan, namun tidak semua buah baik untuk konsumsi setiap pagi. beberapa buah juga punya kandungan gula yang tidak baik untuk tubuh.

Maski kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, fitokimia, dan air, terdapat kandungan fruktosa dan glukosa pada beberapa buah dengan jumlah yang cukup tinggi. Hal itu tentu kurang cocok bagi penderita diabetes.

Manukil dari Times of India, berikut ini adalah daftar beberapan jenis buah yang sebaiknya dihindari saat sarapan pagi, terutama bagi penderita Diabetes.

Baca Juga: Olahraga Isometrik, Rekomendasi untuk Tekanan Darah Tinggi

Pisang

5 Manfaat Sarapan dengan Pisang, Salah Satunya Bagus untuk Kulit. Foto-Istimewa
5 Manfaat Sarapan dengan Pisang, Salah Satunya Bagus untuk Kulit. Foto-Istimewa

Sebelum memilih untuk menyantap pisang matang sebagai sarapan, sebaiknya dipikirkan kembali. Hal itu karena, pisang memiliki kandungan karbohidrat dalam yang cukup tinggi, sekitar 93 persen dari total kalori yang dimiliki.

Jeruk

Ilustrasi gambar jeruk - apahabar
Ilustrasi gambar jeruk. Foto: dok. astronauts

Kandungan asam yang tinggi dalam jeruk dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi Anda. Bagi beberapa orang, konsumsi jeruk atau jus jeruk bisa berhubungan dengan masalah refluks asam.

Mangga

Mangga
Mangga. Foto-net

Rasa manis pada mangga berasal dari kandungan gula yang relatif lebih tinggi daripada buah lainnya. Mangga mengandung sekitar 100 kalori dan 23 gram gula dalam setiap cangkirnya.

Semangka

Buah semangka
Ilustrasi. Foto-Uzone.id

Meskipun tidak berbahaya untuk kesehatan, semangka sebagian besar terdiri dari air. Mengonsumsi semangka sendiri sebagai sarapan dapat membuat Anda merasa lapar dalam waktu 15 menit karena kandungan airnya yang tinggi.

Kelapa

Kelapa bakar
Kelapa bakar makin diminati ketika Ramadan. Foto-bakabar.com/Hasan

Meskipun dikenal luas, kelapa sebenarnya kurang mengandung nutrisi seperti yang sering diyakini. Satu cangkir kelapa parut mengandung 283 kalori, dan sebanyak 224 kalori di antaranya berasal dari lemak. Ini menjadikannya salah satu buah dengan bobot tertinggi.

Stroberi

Es Krim Stroberi
Es Krim Stroberi. Foto: Kompas.

Konsumsi stroberi cenderung meningkatkan rasa kenyang setiap kali dikonsumsi. Mengonsumsinya saat perut kosong bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Meskipun memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan, beberapa buah memiliki senyawa lain yang tentunya tidak cocok bagi sebagain orang. Untuk itu perlu diperhatikan kembali menu sarapan yang baik untuk dikonsumsi.

Editor


Komentar
Banner
Banner