Pemerasan KPK

Polda Metro Jaya Belum Tersangkakan Ketua KPK Firli Bahuri

Tim penyidik Polda Metro Jaya belum memastikan bakal mentersangkakan Ketua KPK Firli Bahuri dalam kasus pemerasan terhadap eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL)

Featured-Image
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.

bakabar.com, JAKARTA - Tim penyidik Polda Metro Jaya belum memastikan bakal mentersangkakan Ketua KPK Firli Bahuri dalam kasus pemerasan terhadap eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan bahwa saat ini masih dalam proses penyidikan dan pengumpulan bukti-bukti.

"Tadi saya sampaikan bahwa ada tahapan-tahapan penyidikan yang masih harus kita lakukan, terkait dengan upaya yang kita lakukan di dalam tahapan Penyidikan ini," ujar Ade kepada wartawan, Rabu (25/10).

Baca Juga: Firli Bahuri Ciut Tampil ke Media Usai Pemeriksaan di Bareskrim

Ade mengatakan dalam tahapan penyidikan ini merupakan pencarian dan pengumpulan bukti-bukti kuat guna menetapkan siapa tersangkanya dalam kasus tersebut.

"Bahwa tahapan penyidikan ini adalah untuk mencari dan mengumpulkan bukti yang membuat terang tindak pidana yang terjadi dan menemukan tersangkanya," ujarnya.

Baca Juga: IPW Yakin Polisi Kantongi Bukti Jerat Firli Bahuri soal Pemerasan SYL

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri dicecar sejumlah pertanyaan terkait pemerasan eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Termasuk kebenaran foto pertemuan keduanya. Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan Firli Bahuri masih diperiksa sebagai saksi.

"Sesuai dengan materi penyidikan. Seputar dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi, berupa dugaan pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya," ujar Ade, Selasa (24/10).

Baca Juga: Diam-diam Datangi Bareskrim, Firli Ternyata Lewat Jalur Khusus

Ade menerangkan bahwa pemeriksaan Firli juga akan mempertanyakan perihal foto yang memperlihatkan pertemuan dirinya dengan eks Mentan SYL di lapang badminton.

"(Soal foto pertemuannya juga?) Salah satunya," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner