Kasus Korupsi

KPK Dihantam Isu Pemerasan, Firli Bahuri Cs Ciut Usut Korupsi SYL?

Pakar hukum pidana Universitas Padjadjaran yang juga pendiri KPK, Romli Atmasasmita meminta Firli Bahuri Cs tak ciut mengusut dugaan korupsi eks Mentan SYL

Featured-Image
Ketua KPK Firli Bahuri duduk bersama dan tampak berbincang dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Dok apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Pakar hukum pidana Universitas Padjadjaran yang juga pendiri KPK, Romli Atmasasmita meminta Firli Bahuri Cs tak ciut mengusut dugaan korupsi eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Meskipun KPK dihadapkan dengan tiupan kasus pemerasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK yang ditangani Polda Metro Jaya. 

"Sejak periode sebelumnya, para pimpinan KPK memang kerap digoyang isu, ya sampai sekarang. Tetapi, menurut pandangan saya, periode Pak Firli ini justru relatif solid," kata Romli seperti dinukil Antara, Selasa (10/10). 

Baca Juga: Firli Tepis Isu Pemerasan Mentan Limpo!

Romli menerangkan bahwa laporan dugaan pemerasan menjadi tantangan bagi pimpinan KPK agar tetap mengupayakan kasus korupsi yang diduga menjerat SYL dapat terkuak. 

Bahkan diharapkan laporan pemerasan di Polda Metro Jaya tak membuat KPK justru jalan di tempat, mandek. 

Menurutnya KPK di era Firli Bahuri relatif melonjak dari segi capaian prestasi kasus yang diungkap. 

Baca Juga: Firli Singgung Serangan Balik Koruptor Imbas Foto dengan SYL Tersebar

"Saya melihat sejumlah capaian KPK di masa Firli Bahuri berdasarkan laporan publik sejak 2020 hingga 2023 trennya justru positif," katanya.

Bahkan ditinjau dari penyelamatan uang negara mengalami peningkatan dibandingkan kepemimpinan KPK periode sebelumnya. 

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Ngeles Temui Eks Mentan SYL: Foto Lama!

Sementara terkait dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK, Romli mengatakan hal itu masih harus dibuktikan di pengadilan dan KPK jangan berhenti untuk terus mengusut kasus yang sudah ditangani.

"Terkait isu pemerasan, masih harus dibuktikan dan tetap menggunakan asas praduga tak bersalah. Tetapi, harapan saya, KPK jangan goyah oleh rumor tersebut," kata dia menegaskan.

Sebelumnya Ketua KPK, Firli Bahuri menepis isu pemerasan terhadap Mentan Syahrul Yasin Limpo di tengah pengusutan dugaan korupsi Kementerian Pertanian.

Firli dengan tegas membantah bahwa dirinya dan jajaran pimpinan KPK melakukan pemerasan kepada Mentan Limpo.

"Kita sampaikan bahwa hal tersebut tidak benar dan tidak pernah dilakukan pimpinan KPK," kata Firli di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/10).

Baca Juga: Terkuak! Ketua KPK Firli Bahuri Bertemu Mentan SYL di Lapang Badminton

Firli mengeklaim tidak pernah ada pihak yang menemuinya untuk memberikan sejumlah uang.

"Saya kira enggak ada orang-orang menemui saya apalagi ada isu sejumlah 1 miliar dolar, saya pastikan enggak ada. Bawanya berat itu, kedua siapa yang mau kasih itu," katanya.

Dalam pengusutan dugaan korupsi di Kementan, Firli mengatakan dirinya tidak pernah berkomunikasi dengan pihak yang berperkara.

"Saya pastikan kami tidak pernah melakukan hubungan dengan para pihak, meminta sesuatu apalagi disebut pemerasan, saya kira tidak ada tuduhan itu," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner