Info Kesehatan

Detoksifikasi Tubuh dengan Minum Air Hangat Sebelum Tidur, Efektifkah?

Minum air hangat sebelum tidur bagi sebagian orang menjadi rutinitas malam yang selalu dilakukan. Selain mengilangkan dahaga kebiasaan itu juga punya manfaat

Featured-Image
Ilustrasi minum air hangat sebelum tidur. Foto: Grid.ID

bakabar.com, JAKARTA – Bagi sebagian orang, minum air hangat sebelum tidur menjadi rutinitas malam yang kerap dilakukan. Selain menghilangkan dahaga, kebiasaan itu juga dipercaya membawa manfaat bagi kesehatan.

Hal itu karena 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga, jika cairan di dalam tubuh tidak tercukupi bisa menyebabkan beragam masalah yang berpotensi mengganggu metabolisme tubuh.

Sleep Foundation mengulas bahwa mengonsumsi air putih sebelum tidur merupakan insting manusia untuk mencegah dehidarasi yang terjadi saat seseorang sedang tidur. Tapi, dianjurkan untuk minum air hangat.

Pasalnya, air hangat punya peran penting dalam menjaga fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan, bahkan berdampak aktif bagi kecantikan.

Merangkum beragam sumber, berikut ini manfaat lain yang diterima oleh tubuh saat minum air hangat sebelum tidur:

Baca Juga: Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional, Lansia Terawat Indonesia Bermartabat

Sebagai Pembersih Alami

Konsumsi air putih hangat sebelum tidur dapat membantu peningkatan sikulasi darah dalam tubuh. Ketika sirkulasi darah lancar tidak hanya akan membuat kulit seseorang terlihat segar, tapi juga membantu menghilangkan racun berbahaya yang mengendap di tubuh.

Dilansir dari laman Phameassy, Air putih akan memberi nutrisi kepada sel dalam tubuh. Sel-sel tersebut akan melancarkan aliran darah dan juga mendorong racun berbahaya keluar dari tubuh melalui sistem pencernaan.

Hal itu yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar ketika seseorang bangun di kesokan harinya.

Baca Juga: Jelajah Peta Sambal Indonesia: Kalimantan Punya Habang sampai Ramania

Buat Seseorang Lebih Bahagia

Minum air putih bisa jadi cara untuk seseorang yang sedang murung menjadi lebih bahagia. Banyak studi yang membuktikan bahwa kekurangan air putih bisa membuat seseorang menjadi strees hingga akhirnya depresi.

Dalam jurnal yang berjudul ‘Effects of Changes in Water Intake on Mood of High and Low Drinkers’ menjelaskan bahwa seseorang yang sering minum air putih bahkan sebelum tidur memiliki suasan hati yang lebih tenang.

Hal itu terjadi karena mengonsumsi air putih sebelum tidur dapat memberi rasa kepuasan ketenangan, bahkan meningkatkan emosi positif sehingga seseorang akan lebih mereasa tenang dan bahagia.

Baca Juga: Idris Elba Bernegosiasi dengan Teroris dalam Serial TV Terbaru “Hijaked”

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Disampaikan sebelumnya bahwa air putih hangat dapat membantu menjaga sirkulasi darah yang bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat ketika bangun di esok hari.

Sirkulasi darah yang lancar juga akan berpengaruh pada sistem pencernaan. Untuk itu minum air hangat sebelum tidur sangat ampuh untuk menjaga sistem pencernaan.

Air putih dapat membantu tubuh dalam melarutkan serta memecah partikel makanan. Hal itu baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah seseorang mengalami sembelit.

Baca Juga: Bahaya Kekurangan Vitamin D karena Obesitas, Kenali Gejala Lainnya!

Mencegah Berat Badan Naik

Rutin konsumsi air hangat sebelum tidur sangat baik bagi yang berencana untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, manfaat minum air hangat sebelum tidur bisa membantu proses penurunan berat badan. Air hangat akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih cepat.

Dibantu dengan menjaga jaga pola makan dan disertai dengan aktivitas olahraga teratur bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan supaya bisa memiliki tubuh yang ideal.

Editor


Komentar
Banner
Banner