transfer pemain

Tolak Tawaran Klub Arab Saudi, Sergio Ramos Pilih 'Pulang Kampung' ke Sevilla

Sergio Ramos resmi pulang ke klub masa kecilnya, Sevilla daripada menerima tawaran menggiurkan dari klub-klub Arab Saudi. 

Featured-Image
Sergio Ramos resmi pindah ke Sevilla. (foto: x/@SergioRamos)

bakabar.com, JAKARTA - Sergio Ramos resmi pulang ke klub masa kecilnya, Sevilla daripada menerima tawaran menggiurkan dari klub-klub Arab Saudi. 

Sejak dibeli Real Madrid pada Agustus 2005, Ramos akhirnya kembali ke Sevilla setelah 18 tahun meninggalkan klub yang bermarkas di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan itu. 

Pemain berusia 37 tahun itu didatangkan secara free transfer untuk satu tahun kedepan setelah kontraknya tidak di perpanjang di klub sebelumnya, Paris Saint-Germain (PSG) yang berakhir pada 1 Juli lalu.

“Sevilla FC telah mencapai kesepakatan untuk penandatanganan Sergio Ramos. Lulusan akademi ini kembali ke klub 18 tahun setelah ia menandatangani kontrak dengan Real Madrid pada tahun 2005, pada usia 19 tahun,” tulis pengumuman resmi klub.

Baca Juga: Al-Hilal Siapkan Dana Fantastis Demi Sergio Ramos

Dengan pilihan ini, Ramos akan menerima gaji lebih rendah dari pada tawaran dari klub lain.  

Menurut laporan, jika Ramos menerima tawaran dari Galatasaray, ia akan menghasilkan 11 juta euro (Rp211 miliar) tahun ini.

Seandainya Ramos menerima proposal dari Al Ittihad di Arab Saudi, maka ia akan dibayar 20 juta euro (Rp 384 miliar) per musim.

Sedangkan di Sevilla, ia akan mendapat gaji sedikit diatas 2 juta euro (Rp38 miliar) per musim, 90% lebih rendah dibandingkan tawaran dari klub Timur Tengah.

Namun, Ramos tak mempermasalahkan itu. Ia mengaku sudah tak sabar untuk mengenakan jersey Sevilla lagi dan bermain di Sanchez-Pizjuan untuk bertemu para suporter kebanggan tim.

Baca Juga: Waduh! PSG Tunda Perpanjang Kontrak Lionel Messi dan Sergio Ramos

"Hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi saya, sangat emosional. Saya akhirnya pulang ke rumah dan saya menantikan momen ketika saya dapat merasakan kembali seragam dan lambang Sevilla di dada saya," ucap Ramos.  

Lahir di Camas, beberapa kilometer dari pusat kota Sevilla, pada tanggal 30 Maret 1986, Ramos mengawali karier pada usia 7 tahun di akademi klub berjuluk Los Nervionenses itu.

Ia naik pangkat sebelum melakukan debut di tim cadangan pada usia 16 tahun, pada musim 2002/2003, sebelum pelatih Sevilla saat itu Joaquin Caparros, memberi kesempatannya menjalani debut di tim utama pada 1 Februari 2004 di Liga Spanyol.

Ramos lalu mencatatkan tujuh penampilan di musim itu, dan dengan cepat menjadi andalan di line up utama.

Pada musim 2004/2005, Ramos tampil reguler dengan mencatatkan 41 penampilan dan mencetak 3 gol di semua ajang.

Baca Juga: Sevilla Nodai Prestasi Mourinho! 

Setelah itu, Ramos kemudian bergabung dengan Real Madrid jelang penutupan transfer musim 2005/2006.

Kariernya di klub Ibukota Spanyol itu sangat sukses dimana pada musim pertamanya ia telah tampil 46 kali di semua kompetisi dengan catatan 6 gol.

Secara keseluruhan, Ramos mengoleksi 671 penampilan di semua kompetisi dengan 40 gol dan 4 assists, serta mendapatkan 22 trofi termasuk lima gelar La Liga dan empat Liga Champions selama memperkuat Los Blancos 16 tahun.

Karier Ramos di Madrid berakhir pada musim panas 2021 dimana ia melanjutkan petualangannya di PSG yang saat itu membuat gebrakan dengan mendatangkannya Gianluigi Donnarumma, Achraf Hakimi, Georginio Wijnaldum, dan Lionel Messi.

Ramos membuat 58 penampilan di semua ajang untuk klub Ibukota Prancis itu selama dua musim dengan 6 gol dan 1 assist, serta memenangkan tiga piala, 2x Ligue 1 dan Piala Super Prancis.

Baca Juga: Almeria 1-3 Real Madrid: Jude Bellingham Samai Prestasi CR7

Pada level internasional, kesuksesan Ramos seperti kariernya di klub. Bek tengah bertinggi 1,84 meter itu memiliki 180 caps bersama timnas Spanyol sejak debutnya pada 26 Maret 2005 di bawah asuhan pelatih Luis Aragones.

Dengan 23 gol dan 8 assists, ia membantu La Furia Roja memenangkan 2 kali Piala Eropa (2008 dan 2012) dan Piala Dunia 2010.

Editor


Komentar
Banner
Banner