Kesehatan Jantung

Tanda Awal Jantung Bermasalah, Cek Gejalanya

Banyak orang tidak menyadari akan gejala jantung yang bermasalah karena mungkin gejala awal penyakit tersebut akan berbeda-beda pada tiap orang.

Featured-Image
Gejala Sakit Jantung (Foto: dok. Healio)

bakabar.com, JAKARTA - Banyak orang tidak menyadari akan gejala jantung yang bermasalah karena mungkin gejala awal penyakit tersebut akan berbeda-beda pada tiap orang. Kondisi ini disebut sebagai Silent Myocardial Infarction (SMI).

Kasus serangan jantung ini menimpa hampir 45 persen penderita di seluruh dunia, dan lebih banyak menyerang pria dari pada wanita.

"Gejala SMI dapat terasa ringan, dan sangat singkat, bahkan penderita sering tidak sadar dan mengira serangan jantung tersebut merupakan masalah yang tidak serius, jadi para pria mengabaikannya," ujar Dr. Jorge Plutzky, Direktur Program Pencegahan Penyakit Pembuluh Darah di Brigham and Woman's Hospital yang berafiliasi dengan Harvard Medical School.

Peneliti menjelaskan, meski terjadi gejala yang berbeda, baik serangan jantung SMI maupun reguler, namun memiliki faktor resiko pemicu yang sama seperti merokok, obesitas, kurang olahraga, kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Tips Meletakkan Cermin Sesuai Feng Shui

Untuk menghindari resiko permasalahan pada jantung, adapun gejala jantung bermasalah yang perlu Anda waspadai, berikut ulasannya:

1. Batuk secara terus-menerus

Beberapa orang menyepelekan batuk, karena  bisa jadi hanya flu biasa, namun batuk yang berlangsung lama merupakan salah satu gejala jantung bermasalah.

Saat batuk, cairan mulai menumpuk di paru-paru, ketika jantung tidak memompa darah dengan benar, yang mendorong pembuluh darah dan menyebabkan cairan bocor ke organ lain seperti paru-paru.

Jantung yang tidak sehat dapat memicu penyakit paru obstruktif kronik, yaitu penyakit paru-paru progresif yang membuat sulit bernafas.

Baca Juga: Polemik Obat Sirup, Sejumlah Fasilitas Kesehatan Stop Peredarannya!

2. Mudah lelah

Jika Anda sudah terbiasa melakukan aktifitas fisik namun tiba-tiba jadi mudah lelah, itu pertanda jantung tidak memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh.

Ketika Anda sudah istirahat tetapi masih merasakan kelelahan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan jantung tetap sehat.

3. Jantung berdetak cepat

Jantung yang berdebar cepat maupun tidak berdetak mungkin mengartikan sistem kardiovaskular bermasalah.

Detak jantung yang cepat dan tidak teratur dapat menjadi pertanda katup jantung yang kurang baik.

Baca Juga: Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini Deretan Khasiat Daun Sereh untuk Kesehatan

4. Bengkak di bagian kaki

Saat jantung tidak memompa darah secara tepat, pembuluh darah akan tertahan yang akan menyebabkan kelebihan cairan ke jaringan tubuh. Sehingga bagian tubuh seperti kaki mengalami pembengkakan.

5. Sulit bernapas saat tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Kondisi ini dikaitkan dengan resiko serangan jantung atau fibrilasi atrium.

Saat seseorang dengan sleep apnea tidur, kadar oksigen menjadi turun dan tubuh otomatis memberi sinyal pembuluh darah agar mengencang untuk meningkatkan aliran oksigen ke jantung dan otak. Hal tersebut yang menyebabkan napas menjadi tertahan.

Editor
Komentar
Banner
Banner