Hari Jantung Sedunia

Hari Jantung Sedunia 2023: Use Heart, Know Heart

Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) merupakan peringatan global tahunan yang jatuh pada tanggal 29 September setiap tahunnya.

Featured-Image
World Heart Day 2023, Use Heart Know Heart. Foto: World Heart Federation

bakabar.com, JAKARTA – Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) merupakan peringatan global tahunan yang jatuh pada tanggal 29 September setiap tahunnya.

Melansir laman resmi World Heart Federation, Hari Jantung Sedunia pertama kali ditetapkan pada tahun 1999 oleh World Heart Federation (WHF), bekerja sama dengan World Health Organization (WHO). Inisiatif ini bermula dari Antoni Bayés de Luna, yang menjabat sebagai presiden WHF pada periode 1997-1999.

Sejak saat itu, peringatan ini menjadi momentum penting setiap tahunnya, di mana berbagai organisasi dan lembaga kesehatan turut ambil bagian dalam menyelenggarakan acara dan kampanye untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai risiko penyakit kardiovaskular serta mendorong gaya hidup sehat yang dapat mendukung kesehatan jantung.

29 September diperingati sebagai World Heart Day. Foto: Foremniakowski/istock photo
29 September diperingati sebagai World Heart Day. Foto: Foremniakowski/istock photo

WHD dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit kardiovaskular (CVD) dan mempromosikan gaya hidup sehat jantung. Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan Hari Jantung Sedunia bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya kesehatan jantung dan langkah-langkah yang dapat mereka ambil untuk mencegah penyakit jantung.

Pada Hari Jantung Sedunia, berbagai organisasi, termasuk Federasi Jantung Dunia dan otoritas kesehatan lokal, menyelenggarakan acara dan kampanye untuk mempromosikan perilaku sehat jantung seperti olahraga teratur, diet seimbang, dan menghindari konsumsi tembakau dan alkohol berlebihan. Mereka juga menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin dan deteksi dini faktor risiko penyakit jantung.

Hari ini berfungsi sebagai pengingat bagi individu dan komunitas untuk memprioritaskan kesehatan jantung mereka dan mengambil langkah proaktif untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, yang dapat mencakup kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

Tema Tahun Ini

world heart day
World Heart Day 2023, Use Heart Know Heart. Foto: World Heart Federation

Dalam World Heart Day tahun ini, tema yang diangkat adalah "Use Heart, Know Heart." Tema ini dipilih dengan tujuan untuk mengatasi hambatan dan memberdayakan individu agar dapat mengontrol kesejahteraan mereka dengan cara memperhatikan kesehatan jantung.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan jantung dan mendorong masyarakat untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam menjaga kesehatan jantung mereka.

Editor
Komentar
Banner
Banner