Kesehatan Jantung

4 Langkah Menjaga Kesehatan Jantung yang Sangat Mudah Dilakukan

Menjaga kesehatan jantung adalah suatu tindakan yang sangat penting untuk memastikan kualitas hidup yang baik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Featured-Image
Menjaga kesehatan jantung dengan gaya hidup yang sehat. Foto: PeopleImages/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Menjaga kesehatan jantung adalah suatu tindakan yang sangat penting untuk memastikan kualitas hidup yang baik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Perawatan penyakit jantung mungkin terasa sulit pada awalnya, tetapi dengan dukungan medis yang tepat, perubahan gaya hidup yang sehat, dan disiplin dalam mengikuti anjuran dokter, sebenarnya perawatan ini dapat menjadi lebih terjangkau dan berhasil dari yang kita kira.

Merawat jantung tidak perlu memakan banyak waktu. Berikut lima tindakan cepat yang dapat Anda lakukan dengan manfaat besar untuk melindungi jantung Anda, dikutip dari Hopkins Medicine:

Mengkonsumsi Camilan Kacang-kacangan

Makanan
Macam-macam kacang. Foto: Alexandr Vorontsov/istock photo

Kacang mengandung lemak tak jenuh yang sehat. Kacang kenari memiliki lebih banyak asam lemak omega yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, dibandingkan kacang lainnya.

“Makan hanya 5 ons kacang-kacangan per minggu dikaitkan dengan penurunan penyakit kardiovaskular,” kata ahli diet Johns Hopkins Christie Williams, M.S., R.D.N., dikutip dari Hopkins Medicine (24/9).

Lakukan Aktivitas Rutin
olahraga yoga
Yoga dapat menjadi opsi olahraga mencegah PCOS. Foto: Stigur Mar Karlsson/istock photo


Banyak berolahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung. Misalnya saja 30 menit sehari, lima hari seminggu.

“Idealnya, Anda harus berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu, kata profesor kedokteran dan ahli fisiologi olahraga Johns Hopkins, Kerry J. Stewart, Ed.D.,”

Namun jantung Anda juga mendapat manfaat dari aktivitas yang lebih singkat, misalnya 10 hingga 15 menit berturut-turut, dengan tujuan mengumpulkan 150 menit seminggu.

Tidurlah Sedikit Lebih Awal
Ilustrasi tidur nyaman
Ilustrasi tidur nyaman. Sumber - Google


Tanpa tidur yang cukup, risiko penyakit jantung dan serangan jantung meningkat, tidak peduli usia, berat badan, atau seberapa banyak Anda berolahraga atau merokok.

Hubungi Dokter
Ilustrasi konsultasi bersama dokter. Foto: ljubaphoto/istock photo
Ilustrasi konsultasi bersama dokter. Foto: ljubaphoto/istock photo


Jadwalkan pemeriksaan jika Anda terlambat sehingga Anda dan dokter dapat mengetahui informasi terkini tentang risiko jantung Anda, dan membuat rencana untuk melindungi jantung Anda.

Menjaga kesehatan jantung adalah kunci untuk hidup yang panjang dan bugar. Maka penting untuk selalu memahami kondisi kesehatan jantung diri sendiri dan segera konsultasikan dengan dokter jika Anda membutuhkan pertolongan.
Editor
Komentar
Banner
Banner