Manfaat Sereh

Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini Deretan Khasiat Daun Sereh untuk Kesehatan

Batang sereh atau serai memiliki aroma yang khas sehingga sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, obat, hingga bahan alami pengusir nyamuk. 

Featured-Image
Manfaat Daun Sereh (Foto: dok. Kontan)

bakabar.com, JAKARTA - Batang sereh atau serai memiliki aroma yang khas sehingga sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, obat, hingga bahan alami pengusir nyamuk. 

Tanaman dengan nama latin cymbopogon cytratus ini mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Selain mengandung berbagai macam sumber vitamin, sereh juga memiliki sifat antibakterial seperti analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Tak hanya itu, ternyata sereh memiliki segudang manfaat yang bermanfaat untuk tubuh, berikut ulasannya:

1. Dapat mengatasi diabetes

Mengkonsumsi minuman herbal seperti teh dicampur dengan batang sereh secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin dan dapat menurunkan kadar gula darah.

2. Mendetoks Tubuh

Kandungan dalam batang sereh mampu menetralisir racun pada tubuh. Adapun kandungan antioksidan dan antiseptik di dalamnya akan membantu organ ginjal dan hati kembali bersih.

Efek detoks tersebut dikeluarkan ketika anda sering buang air kecil. Air seni yang dikeluarkan itulah yang bercampur dengan racun di dalam tubuh.

3.  Anti Kanker

Batang pada sereh mengandung senyawa citral yang memiliki kandungan antikanker, dapat membantu melawan kanker, seperti menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan sehingga tubuh lebih mampu melawan kanker.

4. Menangkal radikal bebas

Journal of Agriculture and Food Chemistry meneliti bahwa sereh mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium yang tinggi pada sereh dapat meningkatkan produksi urin dalam tubuh yang akan merangsang sirkulasi darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

6. Mengatasi Bakteri dan Jamur

Batang pada sereh memiliki sifat antiseptik sehingga dapat membunuh bakteri dan jamur dalam tubuh. Hampir semua jenis jamur dapat diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit.

7. Menurunkan kolestrol jahat

Anti-kolesterol yang ada pada batang tanaman ini akan menghalangi penyerapan kolesterol di usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga.

Sereh juga terdapat sifat anti-aterosklerosis yang dapat menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak sehingga dapat meminimalisir resiko jantung koroner.

8. Memperkuat sistem saraf

Kesehatan saraf yang terjaga dapat memudahkan tubuh untuk beraktifitas. Kandungan magnesium, fosfor dan folat pada batang sereh berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf.

Itulah sejumlah manfaat dan khasiat dari daun sereh yang bisa Anda olah sesuai kebutuhan. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya.

Editor
Komentar
Banner
Banner