Info Kesehatan

Punya Kolesterol Tinggi, Konsumsi 4 Bumbu Dapur Ini

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh dengan fungsi sebagai pembentukan vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Featured-Image
Makanan yang dihindari penderita kolesterol. Foto: dok. Dinkes Kalbar.

bakabar.com, JAKARTA –Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh dengan fungsi sebagai pembentukan vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Kehadiran kolesterol penting untuk membentuk sejumlah sel baru yang membuat tubuh manusia dapat berfungsi secara normal. Tapi, jika kadar kolesterol yang dimiliki tubuh terlalu tinggi maka akan menyebabkan sejumlah penyakit sampai dengan komplikasi.

Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap pada batas normal. Berikut daftar bumbu makanan yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Perbedaan AIDS dan HIV, Prosedur Tes dan Siapa yang Memerlukan?

Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu bumbu masakan yang paling umum digunakan. Di dalamnnya terdapat kandungan alicin yang memiliki fungsi untuk menghambat pembentukan kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, pada bawang putih terdapat efek yang disebut farmakologis antiinflamasi. Efek tersebut dapat berfungsi untuk menghambat peningkatan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

LDL berfungsi untuk mengalirkan kolesterol kepada bagian-bagian tubuh yang membutuhkan. Jika LDL terlalu tinggi maka akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang akhirnya menjadi penyakit.

Melalui farmakologis antiinflamasi kadar LDL dapat lebih dikendalikan dan risiko penyumbatan di dalam pembuluh darah bisa terhindari.

Baca Juga: Kulkas Sering Bau karena Makanan, Berikut Tips Mencegahnya

Jahe

Jahe menjadi salah satu tanaman herbal yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Di dalamnya terdapat sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, seperti antioksidan dan anti-inflamasi.

Dalam studi yang dikutip dari livestrong.com, jahe memiliki antiflamasi yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Tanaman rempah tersebut memiliki enzim yang disebut sebagai Gingerol.

Gingerol tersebut dapat menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

HDL tersebut berfungsi untuk mengembalikan kelebihan kolesterol yang diterima oleh sejumlah organ dalam tubuh kembali ke hati. Hati akan memecah kelebihan kolesterol tersebut untuk dijadikan sebagai energi bagi tubuh.

Baca Juga: Oppenheimer: Sensasi Ledakan dari Pencipta Bom Atom

Kunyit

Kunyit menjadi salah satu bahan makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Tanam herbal tersebut sangat sering digunakan pada sejumlah hidangan dari beberapa negara terutama India dan China.

Dalam jurnal Kesehatan PubMed Central menyebutkan kunyi memiliki senyawa penting yang disebut dengan kurkumin. Senyawa tersebut diketahui dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh dan juga senyawa trigliserida.

Trigliserida adalah salah satu lemak yang berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh. Pada kadar tinggi, senyawa tersebut dapat menimbulkan sejumlah penyakit.

Untuk itu, kunyit memiliki satu senyawa yang tidak hanya dapat mengendalikan kadar kelosterol tapi juga menjegah terjadinya penyakit lain.

Baca Juga: Besok Tayang! Serial "Race" Jadi Pelipur Lara Karyawan Kantoran

Kayu Manis

Rempah-rempah berikutnya yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh adalah kayu manis. Tanaman herbal tersebut memiliki sejumlah senyawa yang sangat baik untuk tubuh seperti antidiare, antimikroba, sampai dengan antioksidan.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh dan juga memperlancar aliran darah. Di sisi lain, kayu manis juga berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah sampai dengan menjaga sensitivitas insulin pada tubuh.

Selain dengan konsumsi sejumlah bahan makanan tersebut, kolesterol juga dalam diturunkan dengan berolahraga, mengatur pola makan sehat dengan gizi seimbang dan menghindari rokok.   

Editor


Komentar
Banner
Banner