tips

Kulkas Sering Bau karena Makanan, Berikut Tips Mencegahnya

Dikenal bisa menjaga kesegaran dan kualitas makanan, kulkas sering digunakan untuk menyimpan bahan masakan.

Featured-Image
Ilustrasi telur di dalam kulkas. Foto-dailypost

bakabar.com, JAKARTA – Dikenal bisa menjaga kesegaran dan kualitas makanan, kulkas sering digunakan untuk menyimpan bahan masakan. Selain itu kulkas juga dapat membatasi pertumbuhan bakteri pada makanan.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa dilakukan oleh benda tersebut, untuk itu sebagian pemilik rumah sudah memiliki kulkas. Hal tersebut membuat kebanyakan orang sangat bergantung pada benda tersebut.

Kebanyakan orang memasukan makanan pada kulkas tanpa memikirkan beberapa hal. Kadang makanan tersebut disimpan secara sembarang hingga membuat kulkas menimbulkan aroma kurang sedap.

Hal itu bisa mengurangi kualitas dari setiap makanan yang ada di dalamnnya. Bahkan, meningkatkan sejumlah bakteri yang membuat makanan jadi cepat basi. Berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut.

Baca Juga: Cukup di Suhu Ruangan, 6 Makanan Ini Tidak Perlu Masuk Kulkas

Membersihkan Makanan

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga aroma yang ada di dalam kulkas adalah dengan membersihkan makanan sebelum dimasukkan. Sejumlah makanan wajib dibersihkan terlebih dahulu terutama untuk yang tidak ditempatkan pada wadah rapat, seperti sayuran dan buah.

Sayuran dan buah wajib dibersihkan untuk menghilangkan kotoran hingga sisa tanah yang masih menempel ketika baru membelinya. Kemudian sayur dan buah ditirikan hingga dalam keadaan kering, setelah itu baru dimasukkan.

Untuk daging dan telur tidak perlu dibersihkan menggunakan air. Karena hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan bakteri yang ada di dalamnya.

Cukup dibersihkan menggunakan kain untuk telur dan potong bagian yang kotor pada daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Baca Juga: Viral Aplikasi Madzas, Penerjemah Tangisan Bayi Buatan Indonesia

Memisahkan Makanan Sesuai Jenis

Sering kali pemilik kulkas memasukan makanan secara tidak tersusun. Semua makanan dimasukkan dan dibiarkan menempel antar satu dengan yang lainnya.

Hal itu akan menimbulkan kontaminasi, bahkan makanan yang disimpan justru cepat membusuk.

Oleh karena itu, penting untuk setiap makanan dipisahkan sesuai dengan jenisnya. Misal untuk bahan makanan seperti daging ayam, sapi dan sejenisnya bisa diletakkan pada bagian kulkas yang peling dingin atau freezer.

Bagian freezer akan lebih efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bahan masakan daging menjadi cepat busuk. Kemudian untuk sayuran dan buah bisa diletakkan pada bagian bawah kulkas.

Sementara untuk makanan jadi dan bumbu bisa diletakkan pada bagian tengah. Pastikan makanan diletakkan dengan menggunakan wadah khusus untuk mencegah aroma tidak sedang menyelimuti isi kulkas.

Baca Juga: Ameena bakal Punya Adik, Usia Kandungan Aurel Hermansyah Sudah 4 Bulan

Memberi Label Kedaluwarsa

Setiap makanan memiliki masa berlaku yang berbeda-beda. Pada makanan jadi terdapat tanggal kadaluwarsa yang tercantum di kemasan.

Biasanya tanggal kedaluwarsa dituliskan dengan huruf kecil sehingga sulit untuk dibaca, untuk itu bisa ditempelkan label tanggal kadaluwarsa untuk mempermudahnya.

Untuk makanan tanpa kemasan seperti sayuran dan buah, bisa ditandai dengan label. Tanggal bisa dibuat terhitung dari awal pembelian makanan.

Setiap jenis makanan memiliki jangka waktu yang berbeda. Umumnya untuk daging bisa disimpan selama 3-4 bulan di dalam freezer. Sedangkan sayuran umumnya mampu bertahan 3-7 hari sebelum layu atau membusuk.

Baca Juga: Easter Egg di Film Guardians of the Galaxy yang Mungkin Terlewatkan

Simpan Makanan dalam Wadah

Sejumlah bahan makanan memimiliki aroma yang cukup kuat, bahkan hingga menyelimuti ruangan di dalam kulkas. Aroma yang kuat tersebut bisa menimbulkan kontaminasi di dalam kulkas dan mempercepat pertumbuhan bakteri.

Biasanya aroma tersebut dating dari makanan matang, potongan buah-buahan, kue basah, hingga daging-dagingan

Untuk mencegahnya makanan tersebut bisa dimasukan ke dalam wadah tertentu. Harus dipastikan penutup pada wadah tersebut cukup rapat untuk bisa mencegah aroma kuat keluar.

Baca Juga: Guardians of the Galaxy Sukses, Ini 4 Rekomendasi Film Karya James Gun

Menjaga Suhu Kulkas

Beragam jenis kulkas telah berkembang cukup pesat saat ini. Pada jenis tertentu terdapat fitur yang bisa digunakan untuk mengatur suhu ruangan yang ada di dalam kulkas.

Fitur tersebut bisa dugunakan untuk menjaga kualitas dari makanan. Pastikan kulkas selalu berada pada suhu 4,4 derajat celsius. Kemudian untuk suhu pada bagian freezer harus berada pada minus 18 derajat Celsius.

Editor


Komentar
Banner
Banner