Tips Liburan

Tips Aman Libur Nataru, Jaga Ketat Prokes untuk Cegah Covid

Libur panjang Nataru biasanya digunakan untuk berwisata. Ada tips aman untuk mencegah lonjakan Covid.

Featured-Image
Tips Aman Berpergian saat Libur Nataru, Cegah Covid Melonjak. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Libur panjang Nataru biasanya digunakan untuk berwisata. Ada tips aman untuk mencegah lonjakan Covid.

Dari data Kementerian Kesehatan, per Jumat 22 Desember 2023, terdapat penambahan kasus Covid-19 harian sebanyak 402 orang hingga jumlah kasus aktif menjadi 2.154 orang, dengan kasus sembuh 1.003 orang dan kematian 6 orang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut mengimbau seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan pada libura Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau mau mudik keluar kota, terutama pakai angkutan umum yang padat, terlebih kondisi tidak enak badan, lebih baik pakai masker," kata Menkes Budi, dikutip Senin (25/12).

Libur Asik dengan Menjaga Protokol Kesehatan

Tips Mmencegah Penularan Covid-19 saat Libur Nataru. Foto: Freepik
Tips Mmencegah Penularan Covid-19 saat Libur Nataru. Foto: Freepik

Hal tersebut juga didukung oleh Prof. Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K), ia menuturkan, meski sudah melakukan vaksin booster, masker adalah hal penting yang harus digunakan, terlebih saat berada di keramaian.

"Betul kita sudah melakukan vaksin dan booster keempat hingga kelima, tapi itu bukanlah segalanya. Tetap harus menjalankan protokol kesehatan, terlebih kita tidak tahu kondisi luar seperti apa," tuturnya, dalam webinar Antisipasi Tsunami Covid-19 di akhir Tahun 2023.

Secara mekanisme, Covid dapat dicegah dengan memutus rantai penularannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memakai masker, yang melindungi the enterance (pintu masuk) saluran pernapasan.

"Dan juga kalau sedang sakit atau bergejala jangan memaksakan diri, harus memakai masker, dalam rangka mengurangi atau memproteksi droplet yang tersebar ke udara," sahut Kepala Bagian Patologi Klinik Universitas YARSI, Dr. dr. Anggraini Iriani, Sp.PK-K.

Ilustrasi Mencuci Tangan. Foto: Freepik
Ilustrasi Mencuci Tangan. Foto: Freepik

Prof. Erlina turut menambahkan selalu rutin cuci tangan dan menggunakan disenfektan jika diperlukan, menjaga imunitas, perilaku hidup sehat dan pola makan yang sehat.

Droplet tidak hanya berbentuk kecil di udara, tetapi ada beberapa berukuran sedikit besar dan menempel di benda sekitar seperti kursi, meja, hingga gagang pintu.

"Jadi harus juga menggunakan disenfektan, agar dinding virus rusak dan tidak berkembang biak," ujarnya.

Lebih lanjut, keduanya turut berpesan agar tidak terlalu memaksakan kondisi kesehatan saat berlibur, mengutamakan istirahat jika lelah, serta mengonsumsi makanan yang sehat.

"Jangan lupa istirahat, karena kalau terlalu lelah, kondisi tubuh menurun dan mudah terinfeksi serta sakit," tutup Prof. Erlina.

Editor


Komentar
Banner
Banner