Bisnis

Kemenhub: 126 Juta Orang Berpergian Selama Libur Nataru

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sebanyak 126 juta orang berpergian selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Featured-Image
Menhub Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Gedung Kemenhub. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sebanyak 126 juta orang berpergian selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Jumlah tersebut mengalami lonjakan dibandingkan dengan prediksi yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub yang mencapai 107 juta orang.

"Kami akan terus melakukan upaya yang lebih akurat terkait dengan pergerakan masyarakat dari satu titik ke titik lainnya agar bisa dilakukan penanganan yang lebih baik," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melalui keterangan resmi, Kamis (4/1).

Baca Juga: Strategi Menhub Mengurai Kemacetan Lalin Menuju Bandara Ngurah Rai

Adapun jumlah warga yang berpergian diketahui melalui resume hasil positioning mobile data (PMD) yang dilakukan dari 16 Desember 2023-1 Januari 2024.

Ia menjelaskan lonjakan pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan tahun baru dapat diantisipasi dan berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan lancar.

Hal itu tercapai berkat koordinasi dan kolaborasi yang baik dari seluruh unsur terkait baik dari kementerian/lembaga, operator transportasi dan jalan tol, media massa dan masyarakat.

Baca Juga: Hindari Lonjakan Volume Kendaraan, Menhub: Arus Balik Lebih Awal

Dengan terjadi lonjakan pergerakan, kata Budi, pihaknya menilai perlu merencanakan dan mengeksekusi dengan baik untuk mengurai kepadatan pergerakan di satu tertentu.

"Alhamdulillah kita dapat melaksanakannya dengan baik, ini tidak lepas dari kerja sama kita semua," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner