Relationship

Tiga Tips Mengatasi Perbedaan dengan Pasangan

Memiliki perbedaan dalam hubungan merupakan hal yang sering terjadi dan normal dihadapi oleh semua pasangan.

Featured-Image
Tips mengatasi berbagai perbedaan dalam hubungan. Foto: American Psychological Association

apahabar, JAKARTA – Memiliki perbedaan dalam hubungan merupakan hal yang sering terjadi dan normal dihadapi oleh semua pasangan.

Perbedaan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perbedaan cara pandang, pendapat, kebutuhan, dan sebagainya.

Penting bagi masing-masing pasangan untuk bisa mengatasi ketidaksamaan dan perselisihan agar dapat mempertahankan hubungan.

Menurut Marriage, cara yang sangat membantu untuk mengatasi perbedaan pendapat dengan pasangan dapat dilakukan dengan cara melihat, memahami, dan memvalidasi satu sama lain.

Ketiga cara tersebut terlihat mudah, namun kenyataannya sulit dilakukan ketika kita sedang tidak sependapat atau tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh partner kita.

Lalu bagaimana cara mengatasi perbedaan supaya tidak menimbulkan lebih banyak konflik dengan pasangan?

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan berdasarkan Psychology Today dan sumber lainnya.

Saling terbuka

Seringkali suatu perbedaan terjadi ketika kita tidak sepenuhnya terbuka dengan pasangan. Sehingga ketika ada suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan, maka kita langsung berasumsi sendiri tanpa mengetahui alasan dari pasangan kita.

Ketika merasa seperti itu, langkah pertama untuk memutus pemikiran buruk adalah dengan menarik napas dalam-dalam sebelum memberikan asumsi kepada pasangan.

Katakan apa yang dirasa tidak sejalan dan apa yang dirasakan kepada pasangan. Coba untuk melihat dan memahami dari sudut pandang sang partner, karena itu merupakan salah satu cara untuk membangun kembali hubungan.

Ilustrasi Twin Flame - apahabar
Ilustrasi pasangan. Foto: Shutter Stock

Tunjukkan rasa empati

Bagian penting dalam suatu hubungan adalah dapat memahami sudut pandang masing-masing pasangan dan mendengarkan apa yang mereka katakan.

Seringkali ketika otak kita dipenuhi dengan amarah maka kita enggan untuk menerima pendapat orang lain. Cobalah untuk meredam perasaan tersebut dan mendengarkan segala ucapan dari pasangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membangun empati dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan dan kesejahteraan diri sendiri serta pasangan.

Menjadi tim untuk menyelesaikan masalah

Ketika sedang tidak sependapat dengan pasangan, kita sering menganggap pasangan kita sebagai musuh.

Cara untuk mengatasi ini adalah bersama-sama menganggap musuh tersebut adalah si masalah yang sedang dihadapi. Anda dan pasangan menjadi satu tim untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Fokuslah pada masalah tersebut. Perlu untuk menurunkan ego masing-masing agar dapat menjadi tim yang sama dalam membasmi perbedaan yang ada di hubungan kalian.


Editor
Komentar
Banner
Banner