Relationship

Merana karena Putus Cinta? Ini Tips Move On setelah Bubaran

Putus cinta dan patah hati karena mantan jelas menyakitkan. Mereka yang pernah mengalaminya, pasti tahu rasa sakitnya.

Featured-Image
Tips move on dari mantan.

apahabar, JAKARTA –Putus cinta dan patah hati karena mantan jelas menyakitkan. Mereka yang pernah mengalaminya, pasti tahu rasanya.

Perpisahan yang terjadi setelah proses percintaan memunculkan banyak emosi. Marah, sedih, malu, bersalah, kesal, mungkin ada kelegaan juga. Tapi

“Perpisahan adalah proses berduka dengan beragam emosi,” kata Jessica Leader, terapis pernikahan dan keluarga, melansir dari Everyday Health.

Tidak ada batas berapa lama hubungan yang dijalani,  bahkan dalam hubungan yang singkat, perpisahan bisa menjadi hal yang menyakitkan.

“Kehilangan hubungan dengan seorang yang anda cintai pada usia berapapun adalah hal yang menyakitkan dan membutuhkan waktu untuk pulih,” jelas Dr Harding melansir dari Everyday health.

Meskipun hubungan sudah kandas dan menyakitkan, move on harus jadi pilihan agar tak terus berlarut dalam emosi negatif. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk bergerak move on dari suatu perpisahan.

Terima Apa yang Terjadi

Putus cinta sangat menguras emosi. Biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk benar-benar menerima keadaan. Namun, jika terus terlarut dengan emosi negatif tersebut maka akan berujung stres dan frustrasi.

Baca Juga: Sssttt.. Ini Cara Mengatasi Insecure dalam Hubungan Asmara!

Langkah pertama untuk move on adalah menerima bahwa hubungan telah berakhir. Jika sudah menerima keadaan tersebut, jangan terlalu banyak berpikir untuk melanjutkan hubungan kembali dengan mantan, apalagi jika ia sudah menyakiti.

Salah satu cara untuk mengurangi perasaan yang campur aduk adalah dengan membuat jurnal. Tulis segala hal tentang perasaan anda saat itu dan biarkan perasaan tersebut meninggalkan tubuh anda.

Belajar Melepaskan

Meskipun melespaskan adalah fase yang palung krusial dan sulit untuk dilakukan, namun tetap harus dilakukan jika hubungan tersebut sudah meyakiti diri sendiri.

Dalam suatu hubungan tetap harus memprioritaskan diri sendiri. Kita harus lebih menghormati dan menghargai diri sendiri lebih dari siapapun. Belajar melepaskan adalah bagian dari menghormati dan menghargai diri sendiri. 

Sibukkan Diri Sendiri

Setiap orang berhak mendapatkan waktu sendiri terlebih sehabis putus cinta, namun jangan menyendiri terlalu lama. Kembali keluar untuk menikmati alam, bersosialisasi dengan teman, dan kesibukan lainnya untuk menormalkan pikiran.

Jangan berpikir bahwa duniamu habis karena sudah tidak bersama lagi dengannya. Jangan lupa bahwa sebelum kenal dia hidupmu baik-baik saja dan setelah berpisah pun akan kembali baik-baik saja. 

Ciptakan Kenangan Baru

Salah satu trik untuk melupakan mantan adalah dengan membuat kenangan baru. Pergilah ke suatu tempat bersama sahabat, teman dan lainnya untuk mengeluarkan kenangan dengan mantan dari pikiran.

Baca Juga: Lelah Menjalin Asmara? Bisa Jadi 'Relationship Burnout', Kenali Gejalanya!

Melakukan aktivitas baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya juga menjadi hal yang sangat bagus. Dalam proses menemukan aktivitas baru tersebut akan menemukan banyak hal yang tidak pernah terpikir sebelumnya

Tingkatkan Diri Anda

Menjadi single adalah waktu terbaik untuk fokus pada diri sendiri. Saat ini waktunya untuk memanjakan diri sendiri, meningkatkan kemampuan, serta membangun kepercayaan diri.

Meningkatkan diri sendiri dalam berbagai aspek akan membuat diri anda bangga dengan diri sendiri dan itu sangat menarik.

Yuk, berhenti gamon!

Editor


Komentar
Banner
Banner