Film Biografi

Oppenheimer: Sensasi Ledakan dari Pencipta Bom Atom

Christopher Nolan baru saja merilis trailer kedua dari film terbarunya, Oppenheimer. Melalui film terbarunya ia akan menceritakan awal penemuan bom atom

Featured-Image
Cuplikan Oppenheimer yang diperankan Cillian Murphy. Foto: tangkapan layar

bakabar.com, JAKARTA – Christopher Nolan baru saja merilis trailer kedua dari film terbarunya, Oppenheimer. Melalui film terbarunya ia akan menceritakan awal penemuan bom atom oleh Robert Oppenheimer yang diperankan oleh Cillian Murphy.

Robert Oppenheimer adalah ilmuwan kelahiran New York pada tahun 1904 yang menciptakan bom atom untuk perang dunia kedua. Ia menjadi kepala dari proyek yang dinamakan Manhattan Project.

Ia kemudian melakukan uji coba peledakan bom atom pertama di New Mexico yang kemudian dikenal dangan nama Trinity Test. Bom atom yang diciptakannya tersebut kemudian menyebabkan tragedi Hiroshima dan Nagasaki.

Oppenheimer sendiri bukan anak yang berasal dari keluarga ilmuwan. Kedua orang tuanya merupakan seniman dan pedagang tekstil. Ayah Oppenheimer merupakan seorang Yahudi yang berasal dari Jerman dan Ibunya adalah kelahiran New York.

Baca Juga: Adam Warlock, Karakter Baru Dalam FIlm Guardians of The Galaxy Vol. 3

Selama masa kecilnya, Oppenheimer diketahui memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Ia sangat tertarik dengan Kimia dan fisika, hingga akhirnya mendalami mineralogi dan thermodynamics. Hal tersebut yang akhirnya mambawa hidup Oppenheimer sebagai pencipta bom atom.

Pada film Oppenheimer, Christopher Nolan mengungkapkan akan lebih mendalami kompleksitas situasi yang dihadapi sang pencipta bom atom. Dimana penciptaan bom atom tersebut yang menjadi kunci untuk menghentikan perang dunia kedua.

Tapi, di sisi lain ia harus bertanggungjawab atas ledakan yang diakibatkan oleh bom atom tersebut. Berdasarkan sejarah, pengeboman Hiroshima dan Nagasaki yang terjadi pada 6 dan 9 Agustus 1945 telah menewaskan sekitar 150.000-190.000 korban jiwa.

Pengeboman itu yang juga membuat Oppenheimer mengalami depresi berat. penyesalannya ia ekspresikan dalam tayang video terakhirnya yang berisi kutipan Now I am become Death, the destroyer of worlds atau Saat ini saya menjadi kematian, sang penghancur dunia.

Baca Juga: Kulkas Sering Bau karena Makanan, Berikut Tips Mencegahnya

Hal menarik dari film tersebut adalah keputusan Christopher Nolan untuk membuat adegan ledakan bom atom tanpa menggunakan rekayasa komputer. Tapi, ia berencana menampilkan ledakan tersebut dengan bom sesungguhnya, tapi pada skala yang lebih kecil.

Film Oppenheimer rencananya akan ditayangkan tanggal 21 Juli 2023 serempak di seluruh bioskop Indonesia.

Editor


Komentar
Banner
Banner