LIFESTYLE

Lebih Sehat dan Kaya Rasa, Ini 5 Bahan Alami Pengganti MSG

Monosodium glutamat atau MSG memang berpotensi memberi dampak buruk bagi kesehatan. Sebab itu, tak ada salahnya mengganti MSG dalam masakan dengan bumbu alami

Featured-Image
Ilustrasi bahan alami pengganti MSG (Foto: SehatQ)

bakabar.com, JAKARTA - Pernah dengan ungkapan yang bilang makan micin berlebihan bisa sebabkan kebodohan? Meski tak sepenuhnya benar, monosodium glutamat atau MSG memang berpotensi memberi dampak buruk bagi kesehatan.

MSG sendiri resmi dinyatakan aman oleh BPOM dan FDA Amerika Serikat sejak lama. Namun, bila dikonsumsi terus-menerus, penyedap rasa itu dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti hipertensi, kerusakan saraf, dan kerusakan ginjal.

Sebab itulah, tak ada salahnya mengganti MSG dalam masakan dengan bumbu alami sebagai alternatif. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Kedelai

Kedelai bisa digunakan sebagai pengganti MSG karena mengandung protein tinggi. Malahan, bahan ini sudah diterapkan orang-orang Jepang dan Cina dalam masakannya lantaran dapat memberi rasa gurih atau umami alami.

Bukan hanya kedelai mentah, produk olahan berbahan ini juga bisa dijadikan alternatif MSG. Salah satunya, kecap yang telah melewati proses fermentasi, sehingga memiliki kandungan glutamat alami.

Ikan Teri

Sama seperti olahan kedelai, ikan teri juga termasuk bahan alami yang kaya glutamat alami. Alternatif ini bisa ditambahkan ke dalam saus, pasta, dan masakan lain supaya menghasilkan cita rasa umami yang menggiurkan.

Anda juga dapat menggunakan ikan yang tinggi kandungan glutamat lain sebagai pengganti MSG. Tak perlu khawatir masakan bakal terasa amis, sebab rasa ikan umumnya tidak bakal terdeteksi setelah dimasak.

Tomat

Bumbu alami yang juga mengandung glutamat adalah tomat. Bahan ini bisa memberikan rasa umami alami. 

Bahkan, bila dipanggang terlebih dahulu, tomat akan semakin memperkuat cita rasa umami dalam makanan. Ini pun berfungsi sebagai penguat rasa yang sangat baik untuk banyak hidangan.

Rempah

Rempah cocok digunakan sebagai penyedap pengganti MSG. Anda bisa mengombinasikan berbagai jenis bahan ini guna merangsang selera, sekaligus meningkatkan cita rasa makanan.

Terdapat beberapa rempah yang bisa menjadi stimulus indera perasa, sehingga membuat masakan terasa lebih lezat. Sebut saja, bawah puting, lada, dan rosemary yang mampu memberi cita rasa pedas lagi asin ke makanan.

Selain itu, bisa pula menggunakan kunyit dan jinten sebagai alternatif MSG untuk memberikan rasa hangat ke dalam suatu masakan. 

Rumput Laut

Rumput laut bisa menjadi alternatif MSG selanjutnya. Namun, sebaiknya pilih jenis dulse karena memiliki rasa agak asin, gurih dengan rasa laut yang halus.

Selain mampu menambah rasa gurih dalam makanan, rumput laut dulse juga mudah dijumpai di toko-toko yang menjual berbagai rempah Asia dalam bentuk dikeringkan.

Itulah lima bahan alami yang bisa digunakan sebagai penyedap alami pengganti MSG. Tertarik mencoba salah satunya?

Editor


Komentar
Banner
Banner