Cek Fakta

[CEK FAKTA] Presiden Jokowi Genius karena Sering Konsumsi MSG

Belakangan, beredar kabar yang menyebut ‘kunci’ kecerdasan Presiden Jokowi adalah rutin mengonsumsi MSG.

Featured-Image
Unggahan yang mengeklaim Presiden Jokowi rutin mengonsumsi MSG (Foto: turnbackhoax.id)

bakabar.com, JAKARTA - Menjadi orang nomor satu di Indonesia tak ubahnya membuat Joko Widodo dielu-elukan banyak orang. Tak sedikit yang menjadikan sang Presiden panutan dalam meraih prestasi, bahkan sampai mencari tahu rahasia kecerdasannya.

Belakangan, beredar kabar yang menyebut ‘kunci’ kecerdasan Presiden Jokowi adalah rutin mengonsumsi MSG. Hal ini sebagaimana disebarkan oleh akun Facebook bernama Roro di grup PRIBUMI BERSATU MELAWAN KEZOLIMAN.

Pada unggahan tersebut, terlihat foto Presiden Jokowi memegang sebungkus produk MSG. Tertera pula narasi yang berbunyi, “Mau jenius seperti saya, minum selalu AJINO*** (merek produk MSG).”

Lantas, benarkah klaim tersebut?

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, gambar Presiden Jokowi memegang sebungkus produk MSG, rupanya, hasil suntingan. Adapun foto aslinya merupakan hasil jepretan Rifkianto Nugroho yang dimuat dalam artikel detik.com berjudul Jokowi: Target di Jabar Tak Tinggi-tinggi, Minimal 50%.

Artikel tersebut pertama kali dipublikasikan pada 11 April 2019 lalu. Sementara itu, narasi yang mengeklaim MSG sebagai ‘kunci’ menjadi genius juga keliru. Kecerdasan seseorang tidak ada kaitannya dengan kadar monosodium glutamat yang dikonsumsi.

Hal itu sebagaimana ditegaskan dalam artikel Alodokter yang sudah ditinjau oleh dr. Merry Dame Cristy Pane. Bahwasanya, kecerdasan tidak ditentukan kebiasaan mengonsumsi MSG, melainkan dipengaruhi beragam faktor, seperti pola asuh, pendidikan, dan lingkungan sekitar.

Kesimpulan: Narasi yang mengatakan rutin mengonsumsi MSG membuat Presiden Jokowi genius adalah hoaks. Foto yang beredar di media sosial merupakan hasil suntingan.

Editor


Komentar
Banner
Banner