Gaya Hidup

Selain Nanas, Ini 7 Bahan Alami yang Bisa Bikin Daging Kurban Jadi Empuk

Buah nanas dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa membuat daging sapi dan kambing menjadi empuk.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Buah nanas dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa membuat daging sapi dan kambing menjadi empuk.

Daging tersusun dari jaringan-jaringan syaraf, jaringan ikat, lemak, pembuluh darah dan epithelial. Selain itu, daging juga merupakan sumber protein yang berkualitas.

Susunan daging tersebut bisa membuat tekstur daging keras dan alot. Karenanya sebelum diolah, daging perlu dimarinasi khusus. Umumnya dimarinasi menggunakan buah nanas.

Namun tak hanya buah nanas, beberapa bahan alami ini juga bisa membuat daging sapi dan kambing empuk lembut. Caranya mudah, cukup merendam daging dengan bahan tersebut.

1. Soda Kue

Soda Kue. Foto-net
Soda Kue. Foto-net

Selain bisa dipakai untuk membuat kue, soda kue ternyata juga bisa membuat daging jadi empuk. Soda kue akan membuat permukaan daging menjadi alkali dan membuat protein jadi sulit terikat.

Kondisi itu akan menjaga daging agar tetap empuk ketika dimasak. Mengempukkan daging menggunakan soda kue ini bisa dipakai untuk memasak daging yang akan dipanggang atau dibakar.

Caranya adalah rendam daging menggunakan soda kue selama 15-20 menit di suhu ruang. Kamu bisa pakai satu sendok makan atau 15 gram soda kue untuk setiap 1 kilogram daging.

Namun, tidak semua jenis daging cocok diempukkan menggunakan cara ini. Teknik ini cocok untuk memanggang daging kambing dan domba.

2. Yogurt

Yogurt. Foto-net
Yogurt. Foto-net

Makanan fermentasi ini mengandung asam yang mampu memecah dinding protein daging yang keras. Ketika daging jadi asam, ia dapat menyerap lebih banyak kelembaban.

Saat itu, keasaman susu akan mempercepat reaksi kimia. Cara itu akan memudakan enzim yang sudah adaa dalam daging untuk memecah protein dari dalam ke luar, sehingga menyebabkan rusaknya kolagen.

Caranya mudah, cukup merendam daging dengan yogurt selama semalaman. Dengan begitu, asam pada yogurt akan melembutkan daging dengan meningkatkan kadar airnya dan menghancurkan strukturnya.

3. Garam

Garam. Foto-net
Garam. Foto-net

Garam mengandung bahan alami yang mampu melunakkan jaringan keras daging tanpa merusak rasanya. Sebelum dimasak, cukup baluri daging dengan garam hingga merata.

Kemudian, diamkan selama satu jam. Setelah itu, bersihkan daging menggunakan air matang dan daging sudah bisa diolah. Taburan garam tadi akan membuat tekstur daging jadi lembut.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner