Tak Berkategori

Jangan Dibuang! Ampas Teh Punya Khasiat Tak Terduga

apahabar.com, JAKARTA – Setiap orang, baik wanita maupun pria, pasti mendambakan wajah sehat nan berseri. Namun,…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA – Setiap orang, baik wanita maupun pria, pasti mendambakan wajah sehat nan berseri. Namun, tak sedikit yang menganggap kulit demikian hanya bisa diperoleh kalau melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan.

Padahal, bahan-bahan alami juga bisa memperbaiki kualitas kulit wajah. Bahan alami tentunya memiliki keuntungan tersendiri, di antaranya mudah ditemui di mana-mana dan harganya jauh lebih terjangkau ketimbang perawatan berbasis bahan chemical.

Salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan adalah ampas teh. Bahan ini mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba, sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Lantas, apa saja khasiat di balik ampas teh ini? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Mencegah penuaan dini

Penelitian Medical College of Georgia membuktikan teh hijau mengandung zat anti-penuaan dan antioksidan. Kandungan ini mampu meremajakan kulit dan mencegah tanda penuaan, seperti kulit kendur, kerusakan akibat sinar matahari, flek hitam, bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, serta kerutan.

Selain itu, teh hijau juga mengandung polifenol. Zat ini dapat membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan signifikan pada kulit dan mempercepat proses penuaan.

Adapun cara menggunakan ampas teh hijau untuk mencegah penuaan dini terbilang cukup mudah. Cukup campurkan satu sendok makan ampas teh hijau dengan tiga sendok makan yogurt tawar dan sejumput bubuk kunyit.

Kemudian, oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Masker ini bisa digunakan sekali atau dua kali dalam seminggu.

2. Mengatasi jerawat

Studi yang diterbitkan Journal of Investigative Dermatology mengatakan teh hijau mengandung katekin. Zat ini berperan sebagai agen atibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Katekin bahkan bisa mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang juga menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat.

Selain itu, teh hijau juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat. Serta, mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang bisa membantu mengobati jerawat dengan menghambat perkembangan bakteri.

Adapun cara memanfaatkan teh untuk mengatasi jerawat, cukup mencampurkannya dengan air sampai berbentuk seperti masker. Lalu, oleskan secara merata di bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

3. Menghilangkan kantung mata

Teh hijau juga mengandung zat antioksidan dan tanin yang mampu mengecilkan pembulu darah halus penyebab kantung mata. Di samping itu, bahan alami ini juga mengandung vitamin K yang dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Untuk mengurangi kantung mata menggunakan ampas teh, caranya cukup masukkan kantong teh hijau ke lemari pendingin selama 30 menit. Kemudian, letakkan kantong teh dingin di kelopak mata yang tertutup dan diamkan selama 15 menit.

Itulah khasiat ampas teh untuk kecantikan wajah beserta cara menggunakannya. Tertarik mencoba perawatan berbahan alami ini di rumah? (Nurisma)



Komentar
Banner
Banner