kesehatan kulit

Madu Manuka, Baik untuk Tubuh dan juga Kesehatan Kulit Lho!

Madu Manuka dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, khasiatnya yang tinggi juga baik untuk kesehatan kulit.

Featured-Image
Manfaat Madu Manuka untuk tubuh dan kulit. Foto: MANUKA HEALTH

bakabar.com, JAKARTAMadu Manuka dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, khasiatnya yang tinggi juga baik untuk kesehatan kulit.

Madu manuka memang dikenal dengan rasa lembutnya dan dapat memberikan sentuhan lezat pada minuman atau makanan Anda, seperti teh pagi hari, smoothie, atau oatmeal. Bukan hanya enak untuk dikonsumsi, Madu manuka memiliki segudang khasiat yang baik untuk kesehatan.

Rupanya, madu manuka tidak hanya lezat, tetapi juga dapat memberikan manfaat ketika dioleskan secara topikal untuk mengencangkan kulit.

Ilustrasi madu manuka. Foto: MANUKA HEALTH
Ilustrasi madu manuka. Foto: MANUKA HEALTH

“Madu adalah bahan perawatan kulit alami yang telah digunakan selama ribuan tahun, Awalnya digunakan untuk perawatan luka dan luka bakar, dan masih populer dalam pengobatan tradisional di banyak negara di dunia saat ini,” kata Gloria Lin, MD, dokter kulit bersertifikat, dikutip dari Womens Health.
Baca Juga: Serunya Wisata Edukasi Budidaya Lebah Madu Ashfa Borobudur
 Melansir Women’s Health, Minggu (22/10), Madu manuka, yang dihasilkan oleh lebah dari nektar pohon manuka di Selandia Baru, membawa manfaat kecantikan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan madu konvensional. Berikut adalah tiga manfaat khususnya:

Menyembuhkan dan Menenangkan Kulit
skincare
Ilustrasi kulit bersih dan sehat. Foto: dolgachov/istock photo


“Sebagian besar jenis madu mengandung hidrogen peroksida, yang memiliki sifat antimikroba,” kata Dr. Lin.

Tidak hanya itu, madu manuka mengandung metilglioksal yang menjadi ciri khasnya dibandingkan dengan jenis madu lain, meningkatkan efek antibakterinya.

Keberadaan metilglioksal ini tidak hanya berpotensi meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh, tetapi juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit.

Selain itu, madu manuka juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat bermanfaat dalam meredakan kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis dan eksim, yang juga dikenal sebagai dermatitis atopik.

Melembapkan Kulit

skincare
Ilustrasi kulit lembap. Foto: svetikd/istock photo

Alasan lain Dr. Lin merekomendasikan madu manuka untuk pasien eksimnya karena Madu ini bersifat humektan.

“Meningkatkan kadar air pada kulit dan mencegah kehilangan air”. Hal ini juga membuatnya bagus untuk siapa saja yang memiliki jenis kulit kering.

Tinggi Antioksidan
Manuka honey mengandung tinggi antioksidan. Foto: M Stock/istock photo
Manuka honey mengandung tinggi antioksidan. Foto: M Stock/istock photo


“Karena madu manuka bersifat monofloral, tidak dibuat dari campuran nektar bunga yang berbeda, madu ini diperkirakan mengandung antioksidan dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan madu tradisional,” ujar Dr. Lin.

Baca Juga: Tanpa Air, Begini Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu

Ini merupakan nilai tambah yang cukup signifikan, karena kehadiran antioksidan dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada kulit. Ini mampu mengurangi kemunculan garis-garis halus dan kerutan, memberikan manfaat tambahan dalam menjaga kesehatan dan keindahan kulit.

Madu Manuka Bisa Bekerja Dari Dalam ke Luar
Madu memiliki menfaat yang beragam. Foto: Materio/istock photo
Madu memiliki menfaat yang beragam. Foto: Materio/istock photo


Sifat antimikroba dan anti-inflamasi pada madu manuka dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi usus, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perbaikan pada kulit,” imbuh Dr. Lin.

Hubungan ini disebut poros usus-kulit, “sebuah bidang penelitian baru yang berfokus pada gagasan bahwa kesehatan usus berdampak buruk pada kulit,” jelasnya.

Menurut penelitian, bakteri berbahaya di usus dapat memicu sistem kekebalan tubuh, menyebabkan peradangan, sehingga mengubah keseimbangan bakteri baik kulit dan memengaruhi sifat pelindung kulit, mengurangi hidrasi dan elastisitas, serta memperburuk sensitivitas.

“Mengurangi peradangan usus berarti lebih sedikit mikroorganisme yang masuk ke aliran darah dan berdampak negatif pada kulit,” ucap Dr. Lin.

Punya Manfaat yang Serbaguna
Manfaat Raw Honey (Madu Mentah) Untuk Wajah - apahabar
Manfaat Raw Honey (Madu Mentah) Untuk Wajah. Foto: dok. freepik


Ada berbagai cara untuk mengintegrasikan madu manuka ke dalam rutinitas perawatan Anda. Bahan ini dapat digunakan secara langsung pada kulit dalam bentuk mentah, tersedia dalam berbagai produk dari merek kecantikan terkenal, dan juga memberikan hasil ajaib ketika dikonsumsi.

Jika Anda lebih suka metode yang praktis, Dr. Lin menyarankan untuk mengaplikasikan lapisan tipis madu manuka sebagai masker wajah selama 10 menit setiap hari. Namun, pastikan bahwa madu manuka yang digunakan adalah yang bermutu tinggi.

Namun sebelum mengoleskan produk madu manuka ke wajah Anda, uji tempel sedikit di lengan bawah Anda.

“Jika Anda mengalami kemerahan, iritasi, atau ruam, produk ini mungkin tidak cocok untuk kulit Anda,” kata Dr. Lin. Dan jika Anda diketahui alergi terhadap sengatan lebah, madu manuka mungkin juga tidak aman untuk Anda.
Editor


Komentar
Banner
Banner