Skin Barrier

Skin Barrier Kuat, Kunci Kulit Sehat

Menjaga skin barrier adalah hal utama dalam menjaga kulit agar tetap sehat. Kenali apa itu skin barrier dan cara merawatnya.

Featured-Image
Skin Barrier dan Cara Merawatnya. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Menjaga skin barrier adalah hal utama dalam menjaga kulit agar tetap sehat. Kenali apa itu skin barrier dan cara merawatnya.

Kulit memiliki beberapa lapisan, yang memiliki fungsi tersendiri. Lapisan luar kulit sering dikenal sebagai stratum korneum, atau dikenal sebagai skin barrier, yang disatukan oleh kandungan cholestrol, cermide, dan fatty acid yang membentuk faktor kelembapan yang alami.

"Skin barrier adalah penghalang antara lapisan kulit terdalam dan lingkungan luar," ujar Reshmi Kapoor M.D., seorang dermatologis, dilansir Forbes.

Skin barrier sangat penting karena melindungi dari ancaman eksternal seperti sinar UV, polusi serta menjaga kelembapan alami kulit, sehingga tidak kehilangan kadar air yang menyebabkan dehidrasi pada kulit.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Skin barrier dapat rusak oleh beberapa faktor seperti paparan matahari, alergi dan polusi, produk kecantikan dan pencuci wajah yang menyebabkan kering, ketidakseimbangan pH kulit, udara kering, penuaan, stress dan kondisi kulit seperti eczema dan lainnya.

"Penggunaan bahan aktif pada skincare yang tidak sesuai juga akan membuat skin barrier rusak," kata Hadley King, M.D., seorang dokter kulit, di New York.

Selain itu mandi dengan air panas, eksfoliasi berlebihan serta penggunaan bahan keras seperti paraben juga dapat merusak skin barrier, demikian disampaikan Dr. Kapoor.

Kenali Ciri Rusaknya Skin Barrier

Beberapa tanda rusaknya skin barrier dapat terlihat, seperti kering dan terlihat kasar dan bersisik, kusam, peningkatan reaksi teradap alergi dan peradangan.

Sehingga kulit tidak bisa menangkal radikan bebas yang menyebabkan perubahan pada kulit seperti hyperpigmentation hingga garis halus.

Cara Memperbaiki dan Menjaga Skin Barrier

Meningkatkan Kualitas Skin Barrier. Foto: istimewa
Meningkatkan Kualitas Skin Barrier. Foto: beautyhaul

Jika melihat tanda kerusakan pada skin barrier, kamu dapat memperbaikinya dengan beberapa rutinitas skincare, yaitu dengan mengganti produk yang tidak mengandung pewangi, mengganti produk dengan pH yang lebih rendah serta menggunakan moisturizer.

Menjaga skinbarrier sangatlah penting, untuk mempertahankan kulit wajah agar lembap dan sehat.

Dr. Kapoor menyarankan untuk mengubah kebiasaan dengan rajin menggunakan sunscreen dengan SPF 30 setiap hari, menggunakan moisturizer untuk mengunci hidrasi, menghindari penggunaan scrub wajah, penggunaan anti oksidan seperti vitamin C dan ceramide.

Namun jika kondisi kulit mengalami peradangan yang lebih serius, konsultasi dengan dokter kulit untuk diagnosis dan penanganan mencegah gangguan yang serius pada skin barrier.

Editor


Komentar
Banner
Banner