Suzuki Grand Vitara

Suzuki Ingin Konsumen 'Puaskan' Jajal Teknologi dan Fitur Grand Vitara

Bersaing pada salah satu ceruk pasar yang 'gemuk' yakni SUV kompak, tak membuat Suzuki terburu-buru untuk memaskan dan memberikan harga Grand Vitara.

Featured-Image
Suzuki meluncurkan All New Grand Vitara di IIMS 2023. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Bersaing pada salah satu ceruk pasar yang 'gemuk' yakni sport utility vehicle (SUV) kompak, tak membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terburu-buru untuk memasarkan dan memberikan harga Grand Vitara.

Seperti diketahui, Suzuki Grand Vitara yang meluncur dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, bakal bersaing dengan SUV sejenis semisal Hyundai Creta, Wuling Alvez, Chery Omoda 5 dan pemain tradisional yaitu Honda HR-V.

Menurut Head of Brand Development & Marketing Research 4W SIS, Harold Donnel, pihaknya tidak mau tergesa-gesa dalam memasarkan dan menentukan harga dari Grand Vitara.

"Kita belajar dari yang sebelum-sebelumnya, kita ingin introduction dulu. Nah, pada masa introduction itu kita ingin edukasi calon konsumen mengenai teknologi dan fitur yang ada di Grand Vitara," kata Harold Donnel saat ditemui di arena IIMS 2023, di JIExpo, Kemayoran Jakarta, Rabu (22/2).

Lebih lanjut Harold menjelaskan bahwa dalam satu periode tertentu, Suzuki akan terus-meneru memberikan edukasi dan informasi bagi calon konsumen sambil melakukan sosialisasi mengenai keunggulan yang dimiliki Grand Vitara.

Baca Juga: Suzuki S-Presso Hadirkan Fitur dan Mesin Baru di IIMS 2023

Menurut dia, dengan melakukan cara seperti itu disebut sebagai menghindari persepsi negatif terhadap satu kendaraan yang memang hendak dibeli oleh calon konsumen Suzuki, dalam hal ini adalah Grand Vitara.

"Dengan pasar yang besar di segmen Grand Vitara, Suzuki harus berhati-hati. Kita (Suzuki) bukan market leader, melainkan market challenger," terangnya.

Jadi, sambung dia, dengan kehati-hatian itu pihaknya berharap nanti jika harga sudah fix, semua konsumen Suzuki merasa puas dan menganggap bisa sebanding dengan biaya yang sudah konsumen keluarkan.

"Suzuki nggak mau ingin terlalu cepat, tapi abis itu salah dikit atau kita keluarkan harga dengan diskon yang gede. Itu kan akan membuat pasar jadi bias," imbuhnya.

Baca Juga: Promo Suzuki di IIMS 2023, DP Ringan hingga Cashback Jutaan Rupiah

Meski demikian, Suzuki Indonesia tidak takut ditinggal oleh konsumen setia mereka meski berjalan sedikit terlalu lama dalam penentuan harga.

Pasalnya, kehadiran Grand Vitara pada momentum IIMS 2023, bisa dikatakan waktu yang terbaik untuk menjajakannya lantaran hadir di awal tahun.

Suzuki Indonesia percaya bahwa konsumen setia mereka dapat terus bersabar menunggu keputusan harga terbaik, yang nantinya akan dikeluarkan pada ajang pameran otomotif berikutnya.

"Kita akan umumkan harga (Grand Vitara) di event otomotif berikutnya. Kita percaya brand image Vitara sangat kuat jadi buat konsumen loyal tidak masalah untuk nunggu, saving the best for the last," ungkapnya.

Baca Juga: Beli Suzuki Grand Vitara hingga Wuling Alvez Ada Promo di IIMS 2023

Diakui, dalam persiapan meluncurkan mobil baru, Suzuki memang terlihat tidak terburu-buru.

Berbagai proses turut mereka jalani hingga barang tersebut bisa sampai ke tangan konsumen.

Hal pertama yang mereka lakukan adalah mendefinisikan STP (segmentasi, target, dan positioning) dari produk yang akan mereka luncurkan.

Setelah itu, PT SIS mulai menjalankan berbagai aktifitas sebagai bentuk kegiatan brand awarenes seperti creative works, key visual, tagline, serta 360 degree activation.

Baca Juga: All New Grand Vitara Meluncur di IIMS, Perpaduan Tradisi dan Inovasi

Meski begitu, pada ajang IIMS 2023 bagi pengunjung yang tertarik bisa mencatatkan nama mereka di buku tunggu atau menaruh uang muka sebesar Rp10 juta.

All New Grand Vitara kini dilengkapi dengan mesin hybrid hasil perpaduan tradisi dan inovasi yang akan membuka jalan menuju sejarah baru di kancah SUV.

All New Grand Vitara, mewarisi DNA generasi sebelumnya dengan menambah rasa kualitas dan kemewahan di mobil tersebut.

Pada tampilan depan, mobil tersebut dilengkapi dengan gril bentuk poligon dengan garis krom di bagian tengah.

Baca Juga: New Carry Terlaris pada 2022, Suzuki: Laku karena Muncul Usaha Baru

Tak hanya itu, terdapat juga lampu LED tiga titik di bagian depan atas dan begitu pula di bagian belakang.

Di bagian samping, terdapat spakbor yang menambah kesan tangguh. Sementara lekuk pada bodi yang membuatnya tampil lebih 'jantan'.

Ada pula aksen krom dan aksen perak sehingga menambah kesan mewah dan berkualitas di mobil tersebut.

Mengintip interior, All New Grand Vitara memnghadirkan tema struktur yang kuat sebagai SUV berkelas.

Baca Juga: Naik 8 Persen, Ertiga dan XL7 Dominasi Penjualan Suzuki pada November 2022

Antusias Pengunjung booth Suzuki

Pada kesempatan ini, PT SIS meyakini bahwa kehadiran Grand Vitara menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung IIMS 2023.

IIMS tahun ini, jumlah orang berkunjung ke booth Suzuki tercatat telah mencapai tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu dengan periode waktu yang sama.

"Orang yang datang ke booth Suzuki itu ramai, tiga kali lipat dibanding IIMS tahun lalu, itu perhari Minggu kemarin," tutur Harold.

Baca Juga: Keseruan Ribuan Pengunjung Sambangi Jambore Suzuki Club 2022

"Itu membuktikan bahwa Grand Vitara penting di booth suzuki dan magnet buat IIMS itu sendiri," sambungnya.

Selain itu, tidak hanya menghadirkan kendaraan terbaru dari Suzuki Grand Vitara, booth Suzuki pada tahun ini yang mengusung tampilan berbeda.

Pada tahun ini, booth Suzuki yang mengusung tema "The New Generation Urban Mobility" diyakini dapat meningkatkan citra positif dari brand Suzuki dihadapan para pengunjung IIMS 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner