Literasi Digital

Pelajar SMA Sungkai Utara Belajar Etika di Dunia Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berkolaborasi dengan SMA Sungkai Utara melaksanakan webinar literasi digital Sektor Pendidikan.

Featured-Image
Literasi Digital di Lampung Utara

apahabar, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berkolaborasi dengan SMA Sungkai Utara melaksanakan webinar literasi digital Sektor Pendidikan. Kegiatan yang mengusung tema “Etika Pelajar di Dunia Digital” telah dilaksanakan pada Selasa (11/4) pukul 10.00-12.00 WIB.

Kegiatan ini berlokasi di SMA Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Penyelenggara kegiatan ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal Tahun 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya. Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat.

Literasi Digital di Lampung Utara
Literasi Digital di Lampung Utara

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 menunjukkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari 5,00.

Kemudian pada tahun 2022, hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional mengalami kenaikan dari 3,49 poin menjadi 3,54 poin dari skala 5,00. Hasil ini dianggap menunjukkan bahwa literasi digital masyarakat Indonesia saat ini berada di kategori sedang dibandingkan dengan tahun lalu.

HALAMAN
12345
Editor


Komentar
Banner
Banner