Komoditas Pangan

Meskipun Impor, Pemerintah Akui Stok 3 Komoditas Ini Terpenuhi

Kepala Bapanas mengakui ada beberapa komoditas pangan lainnya yang pemenuhannya masih berasal dari luar (impor).

Featured-Image
Harga bawang merah mengalami kenaikan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (20/1). Foto: apahabar.com/firda

bakabar.com, JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo mengakui ada beberapa komoditas pangan lainnya yang pemenuhannya masih berasal dari luar (impor) negeri. Tiga komoditas pangan itu meliputi, daging kerbau, kedelai dan bawang putih.

Hal tersebut ditegaskannya seusai mengikuti Rapat Terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 24 Maret 2023.

"Komoditas ini pemenuhannya masih bergantung dari impor karena produksi dalam negeri belum mencukupi kebutuhan nasional," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/3).

Kendati begitu, ia mengatakan stok bahan pangan selama Ramadan dan Idulfitri tahun ini tetap terjaga.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadan

Contohnya beras. Saat ini pemerintah fokus pada penyerapan produksi dalam negeri seiring dengan masa panen raya. Bapanas optimistis stok beras cukup memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 1444 H.

Secara rinci, Arief menyebut cadangan beras pemerintah (CBP) yang berada di Bulog telah mencapai 220 ribu ton. Dalam waktu dekat akan ada tambahan dari Perkumpulan Penggilingan Padi (Perpadi).

"Bulog sekitar 220 ribu ton sambil kita bantu serap. Kemarin Perpadi akan memasukkan ke Bulog sebesar 60 ribu ton. Kan lumayan ya jadi hampir sekitar 300 ribu ton," ujar Arief.

Hal senada disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Menurutnya, saat ini pemerintah telah melakukan langkah-langkah persiapan, salah satunya dalam menekan kenaikan harga bahan pokok.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Mentan Jamin Stok Pangan Tercukupi

“Saya rasa semua relatif aman. Tentu stok yang tergantung impor ada yang terkait tadi seperti yang disampaikan Pak Arief (Kepala Badan Pangan Nasional), seperti daging, yang berikut kedelai, tentu kita minta supaya pengadaannya segera,” ujar Menko Airlangga.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjelaskan langkah-langkah persiapan menjelang lebaran sudah berjalan hampir 90 persen.

"Persiapan lebaran tadi hampir 90 persen on the track, mudah-mudahan tidak ada masalah apa-apa. Ketersediaan pangan cukup sampai hari ini, harga masih terkendali,” ucap Mendag.

Baca Juga: Meski Harga Tinggi, Dua komoditas Pangan Ini Tetap Diburu Pembeli

Lebih lanjut, Mendag mengungkapkan jika Presiden Jokowi telah menginstruksikan Bulog untuk dapat menyerap beras hasil panen secara maksimal.

"Tentunya untuk komoditas pangan pak presiden telah memastikan seluruh pihak terkait agar memaksimalkan seluruh cadangan bahan pangan terjaga menjelang lebaran, khususnya untuk stok beras," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner