Darurat Karhutla

Karhutla Padam, Wisata Gunung Bromo Jatim Kembali Dibuka

Karhutla Bromo di kawasan TNBTS telah berhasil dipadamkan. Kawasan wisata Gunung Bromo akan segera dibuka kembali besok.

Featured-Image
Petugas gabungan saat memadamkan api karhutla Bromo. Foto: apahabar.com/David Firmansyah

bakabar.com, LUMAJANG - Karhutla Bromo di kawasan TNBTS telah berhasil dipadamkan. Kawasan wisata Gunung Bromo akan segera dibuka kembali besok.

Nantinya, pintu masuk seluruhnya juga dibuka untuk wisatawan. Baik dari Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo, dan Senduro Kabupaten Lumajang.

"Betul, akan dibuka besok Selasa (19/9)," terang Kepala Tata Usaha TNBTS Septi Eka Wardhani, Senin (18/9).

Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jatim akan dibuka besok pukul 00.01 WIB. Bagi wisatawan yang ingin membeli tiket dapat mengaksesnya secara online melalui website (bookingbromo.bromotenggersemeru).

Baca Juga: Karhutla Bromo Berhasil Padam, Luas Area Terbakar Capai 500 Hektare

Sementara itu, wisata lain seperti Ranu Regulo dan Ranu Darungan di Lumajang juga dibuka untuk wisatawan. Namun, bagi wisatawan yang ingin mendaki Gunung Semeru masih harus bersabar.

"Kecuali, Gunung Semeru masih ditutup karena masih berstatus Siaga Level (III)" jelasnya.

Mengingat kejadian karhutla sebelumnya, pihak TNBTS Jatim akan memperketat penjagaan dan pengawasan terhadap pemicu api kebakaran. Seperti api unggun, flare, petasan dan kembang api.

Baca Juga: Karhutla Bromo, Menparekraf Minta Seluruh Taman Nasional Lakukan Evaluasi

"Kami mengimbau kepada pengunjung dan pelaku usaha dilarang membawa peralatan seperti, petasan, flare, api unggun dan pemicu api kebakaran yang lain" pungkas Septi.

Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Bromo terjadi karena flare pengunjung pada Rabu (6/9) dan menghanguskan 500 hektare. Api berhasil dipadamkan sembilan hari kemudian pada hari Jumat (15/9).

Editor


Komentar
Banner
Banner