Musim Baru Liga 1

Hadapi Musim Baru, Persik Gelar Pemusatan Latihan di Jakarta

Salah satu tim peserta Liga 1 musim 2023/2024, Persik Kediri terus mematangkan persiapan jelang bergulirnya pekan pertama.

Featured-Image
Pemain Persik Kediri, Arthur Irawan saat latihan di Lapangan C Senayan, Jakarta, Rabu (7/6). (Foto: persikofficial)

bakabar.com, JAKARTA - Salah satu tim peserta Liga 1 musim 2023/2024, Persik Kediri terus mematangkan persiapan jelang bergulirnya pekan pertama yang sesuai jadwal bakal mulai berlangsung pada 1 Juli mendatang.

Tim berjuluk Macan Putih ini terpantau sedang melakukan Training Camp (TC) di Jakarta. Mereka menggunakan Lapangan C, Senayan pada Rabu (7/6) sore untuk berlatih.

Pemain senior Persik, Arthur Irawan menyebut latihan ini merupakan program yang dirancang guna menatap liga 1 musim 2023/2024. Saat ini kata Arthur, program latihan yang diberikan pelatih masih terfokus kepada pemulihan fisik.

Baca Juga: Bos Persib Bandung Sebut Jadwal Liga 1 Musim Depan Ideal

"Puji Tuhan semua (persiapan) berjalan lancar, kita juga kerja keras, maksimal. Kita masih difase fisik, makanya kita ada TC sekarang kita maksimalkan agar sampai kompetisi semua pemain sudah ada dikondisi fisik 100 persen," kata Arthur usai latihan.

Pada musim lalu, Arthur dan kolega sempat terseok-seok di putaran pertama BRI Liga 1. Namun mereka berhasil bangkit pada putaran kedua dan mengakhiri musim dengan menghuni posisi 11.

Tetapi catatan gemilang yang mampu ditunjukkan Persik pada musim lalu disebut Arthur sudah harus dilupakan. Sebab baginya, semua pemain ingin fokus menatap musim depan.

Baca Juga: PSSI Upayakan Penggunaan VAR di Pertengahan Musim Liga 1

"Kita harus lupakan musim lalu karena ini musim baru lagi, pastinya tantangan lebih besar lagi, tim-tim lain juga lebih kuat lagi. Mungkin bagi kita, kita mau step by step dulu dan targetnya lebih baik dari musim lalu saja," ungkap Arthur.

Kepastian Liga 1 untuk musim ini sendiri sudah terkonfirmasi oleh PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi, termasuk mekanisme Series Championship yang mempertemukan 4 tim posisi teratas tangga klasemen untuk diadu kembali sebelum akhirnya ditemukan juara Liga. Jadwal ini pun sudah disebarluaskan kepada 18 tim peserta.

 Tak Ambil Pusing

Menanggapi hal tersebut, Arthur tak mau ambil pusing soal jadwal. Menurutnya, semua tim harus siap dengan siapa mereka akan bertemu. Justru yang utama untuknya adalah Liga 1 bisa bergulir secara konsisten.

"Kita lawan siapa pun harus siap ya. Jadi menurut saya jadwal sudah keluar puji Tuhan. Yang saya do'a cuma kompetisi engga berhenti-henti dan lanjut terus musim ini," tutur pemain berusia 30 tahun ini.

"Kalau saya sih percayakan ke Pak Ketum (soal format kompetisi), mungkin beliau tahu yang terbaik dan kita juga semua dari klub-klub liga 1 pasti mendukung Pak Ketum dan kita jalani saja sebagai profesional," tambahnya.

Baca Juga: Timnas Ikuti Banyak Turnamen, PT LIB Pastikan Kick Off Liga 1 Tidak 'Molor'

Selain itu, Arthur juga memberi tanggapan soal aturan tentang kuota pemain asing yang bertambah. Baginya hal tersebut tak menjadi masalah. Ia hanya ingin mengambil sisi positif dari setiap aturan yang berlaku untuk musim depan.

"Buat saya sih disemua kendala kita harus fikir positifnya juga. Ya (soal pemain asing 5+1) kita harus kerja lebih keras lagi, apalagi pemain senior lebih susah ya kita untuk dapat tempat karena ada pemain asing lebih banyak maupun pemain U23, jadi kita harus bekerja lebih keras lagi di lapangan agar bisa dapat tempat di tim," tutupnya.

Target Musim Depan

Sementara itu, salah satu pemain asing milik Persik, Flavio Silva mengaku segala persiapan sudah berjalan dengan baik. Bahkan pemain yang pernah memperkuat tim nasional Portugal U19 ini juga sudah memasang target untuk musim depan.

"Kita bekerja keras di paruh musim dengan baik, semua bekerja keras. Saya merasa sangat baik dan siap untuk pekan pertama," ujar Flavio.

Baca Juga: Tiga Pemain Persija Curi Start Latihan Jelang Liga 1

"target saya musim ini agar bisa lebih baik lagi musim ini, dapat banyak gol dan poin untuk posisi lebih baik di tim," sambung penyerang asal Portugal ini.

"Selalu ya. Suasana tim baik, saya memikirkan hal positif. Saya fikir kita bisa lebih baik musim ini. Saya percaya dengan kekuatan tim," sambungnya.

Sebagai salah satu pemain asing yang sudah masuk dimusim keduanya diliga Indonesia, Flavio menyambut baik adanya penambahan kuota pemain asing. Baginya aturan ini akan memperkaya pola permainan dalam kompeitis liga 1.

Makanan Favorit Kediri

Ia pun merasa senang bermain di Liga Indonesia. Apalagi dengan makanan dan juga orang-orang Indonesia terutama warga kota Kediri yang menjadi tempat tinggalnya sekarang.

"Saya fikir ini bagus untuk kompetisi, karena ini akan jadi pembeda, menambah gaya bermain," tutur Flavio.

"I love Nasi Goreng. Saya juga negara ini. Orang-orang baik terhadap saya. Saya fikir Kediri kota bagus, tidak macet," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner