ASEAN Para Games

Bangga! Kontingen NPC Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games

Kontingen NPC Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum pada ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja.

Featured-Image
Kontingen NPC Indonesia di Kamboja. (Foto:dok. NPC Indonesia)

bakabar.com, JAKARTA - Kontingen NPC Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum pada ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja.

Kepastian ini berlaku setelah perolehan medali emas Indonesia tidak akan bisa terkejar lagi oleh pesaing terdekat, Thailand hingga Kamis (8/6).

Hingga pukul 17.05 WIB, dilihat dari website resmi ASEAN Para Games https://games.cambodia2023.com/, kontingen Indonesia sudah berhasil mengemas 135 medali emas, 131 perak, dan 81 perunggu. Sehingga total raihan keseluruhan medali yang didapat tim merah putih berjumlah 347 keping. 

Hasil ini pun menjadi kebanggaan buat bangsa dan negara. Apalagi, status juara umum di APG Kamboja ini menjadi yang ketiga kalinya.

Baca Juga: Hadapi Musim Baru, Persik Gelar Pemusatan Latihan di Jakarta

Kontingen Indonesia sebelumnya sudah memperoleh status juara umum pada APG Malaysia tahun 2017 serta APG Indonesia yang berlangsung di Solo tahun lalu.

Ketua umum National Paralympic Committe (NPC) Indonesia, Senny Marbun pun bersyukur atas capaian ini. Senny menyampaikan prestasi ini dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Dengan izin Tuhan, alhamdulillah Indonesia resmi menjadi juara umum ASEAN Para Games di Kamboja. Hasil ini untuk masyarakat Indonesia," kata Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun.

Prestasi ini pun sesuai dengan target dari tim Indonesia yang menginginkan bisa mencetak hattrick juara umum dalam pesta olahraga disabilitas terbesar se-Asia Tenggara.

Baca Juga: Singapura Open 2023 : Leo/Daniel Jadi Wakil Indonesia Pertama Lolos ke Perempat-final

Malahan, Senny menyebut perolehan medali yang didapat para atlet sudah melebihi dari target yang dirancang di awal.

Semula, NPC Indonesia bersama pemerintah memasang target bisa memperoleh sebanyak 121 keping medali emas, 94 Perak dan 84 Perunggn.

Tapi kenyataannya, semua raihan medali berada di atas target yang diberikan. Senny Marbun pun menghaturkan terima kasih kepada semua lapisan kontingen Indonesia yang sudah berjuang untuk hasil ini.

"Terima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, official dan semua pihak yang terlibat membawa Indonesia juara umum. Kita selalu berusaha mempertahankan gelar juara ini. Mudah-mudahan dengan kerja keras kita bisa meraih prestasi lagi di Thailand," pungkas Senny Marbun.

Baca Juga: Gregoria Mariska Tunjung Gagal Menang Lawan Sang Idola

Sementara Chief de Mission (CdM) Indonesia, Andi Herman menambahkan, hasil juara umum kali ini merupakan kerja keras yang dilakukan sejak Pelatnas.

Dengan tekad yang kuat untuk kembali mempertahankan juara umum, membuat seluruh elemen, baik atlet, pelatih, hingga pelatih terinspirasi untuk meraih hasil itu.

"Hasil yang menjadi kembanggan bersama dan sejarah capaian pemecah rekor. Masih ada besok di hari terakhir dan kita punya peluang untuk membawa pulang 140 hingga 150 medali emas," papar Andi Herman.

ASEAN Para Games 2023 Kamboja sudah terlaksana sejak 3 Juni lalu dan akan berakhir besok 9 Juni 2023.

Kontingen APG Indonesia di APG Kamboja ini diperkuat sebanyak 268 Atlet dan 154 ofisial. Total ada 12 cabang olahraga (cabor) yang diikuti oleh kontingen Indonesia dari 14 cabor yang dipertandingkan.

Editor
Komentar
Banner
Banner