Embung Kledung

Wisata Alam Embung Kledung, Kolam Raksasa di Lereng Gunung Sindoro

Embung Kledung merupakan waduk atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan.

Featured-Image
Embung Kledung Temanggung (Apahabar.com/Arimbihp)

bakabar.com, TEMANGGUNG - Embung Kledung merupakan waduk atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan.

Hawa sejuk dan dingin menyambut pengunjung yang datang ke Embung Kledung. Waduk tersebut dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru.

Daya tarik yang ditawarkan oleh obyek wisata ini adalah pemandangan waduk dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.

Embung Kledung berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Embung ini berbentuk persegi dengan panjang setiap sisi berukuran sekitar 83 meter dan kedalaman 3 meter.

Baca Juga: Yuk Mencicip Ceriping Puyur, Cemilan Gurih Kuliner Khas Temanggung

Menuju Embung Kledung

Lokasi Embung Kledung berada di dekat jalan raya penghubung Parakan, Kabupaten Temanggung dengan Wonosobo tepatnya di daerah Kledung.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke Embung Kledung, bisa melewati pusat kota Temanggung lalu mengikuti jalan ke arah barat atau utara menuju ke Parakan.

Kemudian, dari Parakan, pilihlah jalan menuju ke arah Wonosobo pada papan penunjuk arah.

Kondisi jalan akan menanjak, tapi mata akan disegarkan dengan pemandangan Gunung Sindoro di sisi kanan dan Gunung Sumbing di sisi kiri.

Saat memasuki wilayah kecamatan Kledung, carilah jalan masuk menuju Embung Kledung yang satu jalur dengan jalan masuk menuju Pos Pendakian Gunung Sindoro di daerah Kledung.

Jalur ini letaknya berada setelah melewati gang masuk Wisata Alam Lembah Posong.

Jalan atau gang masuk menuju Embung Kledung Temanggung masih berupa jalan batu yang dipadatkan atau sering disebut makodam. Jalan tersebut belum lebar dan masih sedikit kesulitan bila ada dua buah kendaraan roda empat yang bersimpangan.

Tak perlu khawatir tersesat, di setiap simpangan jalan sudah terpasang papan petunjuk arah sehingga pengunjung tidak perlu bertanya kepada penduduk sekitar. Hanya membutuhkan waktu lima menit perjalanan untuk tiba di area parkir.

Baca Juga: Menelusuri Peradaban yang Hilang di Situs Liyangan Temanggung

Seorang pengunjung asal Magelang, Rahayu (30) mengaku takjub dengan pemandangan di Embung Kledung.

"Indah sekali, harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, cuma Rp 5.000 saja," ujarnya.

Rahayu yang datang bersama keluarganya mengatakan, akan datang lagi ke Embung Kledung lagi jika ada kesempatan.

Selain berwisata, Embung Kledung juga bisa dijadikan lokasi camping untuk pengunjung.

HTM untuk camping juga masih terjangkau, yakni Rp 15.000 per orang, untuk sewa tenda kapasitas 4 Rp 60.000, tenda kapasitas 6 orang Rp 80.000.

Kemudian, lokasi ini juga menyediakan sewa sleeping bag dengan harga Rp 15.000, matras Rp 10.000, flysheet Rp 10.000, lampu senter Rp 10.000 dan kompor 1 set (kompor, gas, nesting) dengan harga RP 35.000.

Editor
Komentar
Banner
Banner