kesehatan mental

WHO Menetapkan Kesepian Sebagai Ancaman Kesehatan

World Health Organization (WHO) telah menetapkan isolasi sosial dan kesepian merupakan ancaman kesehatan global yang mendesak.

Featured-Image
WHO menetapkan kesepian dan isolasi sosial menjadi ancaman kesehatan global yang mendesak.

bakabar.com, JAKARTA –World Health Organization (WHO) telah menetapkan isolasi sosial dan kesepian merupakan ancaman kesehatan global yang mendesak.

Kesepian semakin diakui sebagai masalah kesehatan masyarakat yang menjadi prioritas utama dan isu kebijakan.

Kesepian merupakan faktor penentu kesehatan sosial yang penting namun sering diabaikan. Sedangkan kesepian dapat berdampak serius pada kesehatan fisik, mental, serta kualitas hidup.

Ahli bedah umum Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pengaruh kesepian terhadap risiko kematian setara dengan merokok 15 batang sehari.

“Risiko kesehatannya sama buruknya dengan merokok hingga 15 batang sehari, dan bahkan lebih besar dibandingkan risiko yang terkait dengan obesitas dan kurangnya aktivitas fisik,” demikian disampaikan ahli bedah umum AS, Dr Vivek Murthy dilansir dari The Guardian pada Senin (10/11).

WHO mengungkapkan bahwa berbagai macam intervensi langsung atau digital telah dikembangkan untuk mengurangi kesepian, terutama di kalangan lansia.

Kesepian yang dialami oleh orang dewasa yang lebih tua mengalami peningkatan risiko demensia sebesar 50 persen, serta peningkatan risiko penyakit stroke sebesar 30 persen. 

Baca Juga: Studi: Dampak Buruk Kesepian, Depresi hingga Mempercepat Kematian

Tidak hanya orang dewasa, namun kesepian juga dapat merusak kehidupan generasi muda. Menjaga koneksi sosial sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Dilansir dari VeryWell Mind, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesepian, yaitu:

Bergabung dengan Kelas atau Klub

Mengikuti kelas seperti kelas seni, olahraga dan sebagainya dapat memicu kita untuk berkenalan dengan teman sekelompok atau teman sekelas. Dengan kegiatan seperti itu dapat memacu semangat untuk berinteraksi sehingga mencegah rasa kesepian.

Menjadi Sukarelawan

Bergabung menjadi sukarelawan memberikan banyak manfaat, selain bertemu dengan orang lain maka akan menciptakan pengalaman baru yang bermakna. Selain mengurangi rasa kesepian, menjadi sukarelawan dapat membawa kebahagiaan dan kepuasan hidup yang lebih besar.

Menemukan Teman Daring

Cara yang paling mudah adalah menemukan teman di sosial media untuk berkomunikasi. Namun cara ini harus dilakukan secara hati-hati karena tidak sedikit orang memanfaatkan sosial media untuk hal yang buruk.

Baca Juga: Candu Media Sosial, Bukti Mental yang Kesepian?

Adopsi Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat mencegah kesepian. Kita akan mendapatkan rutinitas baru untuk mengurus hewan peliharaan sehingga bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi kesepian.

Editor
Komentar
Banner
Banner