hari buruh internasional

Unik, Peringatan Hari Buruh di Jakut Ada Donor Darah hingga Undian Doorprize

Massa buruh di Jakarta punya cara unik memperingati Hari Buruh 2023. Mereka melakukan aksi sosial dan ramai mengikuti undian doorprize.

Featured-Image
Serikat buruh Jakarta Utara menikmati acara peringatan May day 2023 di Stadion Rawa Badak, Jakarta Utara, Senin (1/5). (Foto: apahabad.com/Ryan Suryadi)

bakabar.com, JAKARTA - Dalam memperingati May day 2022, ribuan buruh Jakarta Utara (Jakut) mengikuti serangkaian acara di Stadion Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Senin (1/5).

Buruh yang tergabung dari beberapa serikat tersebut berkumpul di Stadion Rawa Badak untuk mengikuti kegiatan sosial yang diwarnai beragam hiburan serta undian doorprize.

Dalam acara tersebut terdapat bazar UMKM, kemudian beberapa kegiatan sosial seperti donor darah juga tersedia di Stadion Rawa Badak tersebut. Selain itu juga terdapat booth cek kesehatan, hingga uji emisi kendaraan bermotor.

Baca Juga: Massa Buruh Terus Bertambah di Patung Kuda, Bersiap Geruduk Istora Senayan

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Jakarta Utara Noviar Dinaryanti mengatakan, peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta Utara ini digelar atas sinergi Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartid. LKS Tripartid merupakan lembaga kerja sama antara serikat buruh, pengusaha, dan pemerintah.

"Kegiatan ini ada bazar dari JakPreneur Jakarta Utara, donor darah, ada cek kesehatan gratis, ada uji emisi kendaraan bermotor dan ada hiburan," ucap Noviar.

Sementara, perwakilan buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, Alson Naibaho mengatakan, peringatan Hari Buruh lewat acara sosial dan hiburan seperti ini merupakan yang pertama kali di Jakarta Utara.

Baca Juga: Cerita Sopir Bus saat Ikut Peringati Hari Buruh Internasional

Menurut Alson, acara ini menjadi inovasi tersendiri dalam memaknai Hari Buruh Internasional yang tidak harus melulu diperingati dengan menggelar aksi demonstrasi.

Bukan cuma demonstrasi atau unjuk rasa, buruh juga bisa merayakan May Day dengan cara-cara lebih menarik tanpa mengurangi makna Hari Buruh itu sendiri.

"Kegiatan seperti ini tidak mudah dilakukan, apalagi di Jakarta Utara ini pertama kali kita lakukan," ucapnya.

Alson menambahkan, peringatan Hari Buruh Internasional di Stadion Rawa Badak ini diikuti sebanyak 1.500 buruh dari 25 serikat.

Baca Juga: Hari Buruh di Temanggung, Diperingati dengan Jalan Sehat

Setelah mengikuti hiburan dan undian doorprize, dari Stadion Rawa Badak berangkat untuk mengikuti aksi di kawasan Jakarta Pusat bersama massa lainnya.

"Dari sini sebagian ada yang ikut aksi, karena kita tidak membatasi juga, intinya kita serahkan kepada kawan-kawan yang penting kita sudah melakukan di sini," kata Alson.

"Kalaupun ada yang akan melaksanakan di Jakarta Pusat, kalau buruh biasanya di tengah, Istana Negara kita persilakan, kita tidak menghalangi mereka," tambahnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner