Aplikasi Streaming Musik

TikTok Music Tawarkan Beragam Fitur Baru Dibanding Spotify dan Apple

TikTok Music resmi hadir di Indonesia, bakal bersaing dengan platform sejenisnya seperti Spotify dan Apple Music yang dominasi pasar streaming audio.

Featured-Image
TikTok Music menawarkan beragam fitur baru dibanding Spotify dan Apple Music. Foto: apahabar.com/DF

bakabar.com, JAKARTA - TikTok Music resmi hadir di Indonesia, bakal bersaing dengan platform sejenisnya seperti Spotify dan Apple Music yang mendominasi pasar streaming audio.

Aplikasi streaming musik itu menggantikan Resso, platform serupa milik induk perusahaan TikTok, ByteDance, yang berakhir pada 5 September 2023mendatang.

Platform asal China ini memiliki desain antarmuka sekilas mirip Resso, namun, dibuat lebih simpel dan premium terutama pada bagian home atau beranda.

TikTok Music menawarkan pengalaman layaknya bermedia sosial dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan komentar, menyukai, serta membagikan lagu terkait.

Baca Juga: Viral Soal iPhone 15 Pro di Tiktok, Intip Spesifikasi yang Bocor

Kendati demikian, berdasarkan pantauan bakabar.com, Rabu (19/7), platform ini tidak menampilkan total jumlah orang yang menyukai layaknya fitur like di media sosial.

Sama seperti aplikasi media sosial lainnya yang menunjukkan halaman rekomendasi For You Page atau FYP, beranda TikTok Music juga dipenuhi daftar lagu yang pengguna sukai.

Para pengguna juga akan lebih mudah mendapatkan beragam rekomendasi lagu yang sedang viral di TikTok dalam daftar chart (tangga lagu) yang secara otomatis disusun pada bagian menu Explore.

Untuk fitur-fitur lain yang ditawarkan hampir serupa dengan Spotify dan Apple Music mulai dari tampilan lirik saat lagu diputar, daftar lagu (playlist) dengan kategori tertentu, hingga pencarian lirik di kolom search (pencarian).

Baca Juga: TikTok Tengah Uji Coba Fitur Avatar dengan Andalkan Kecerdasan Buatan

Yang menarik, kolom search pada TikTok Music dapat berfungsi sama seperti Shazam milik Apple.

Tinggal klik simbol musik pada kolom search, maka pengguna akan beralih kepada halaman Song Catch untuk mengidentifikasi musik dari luar.

Lalu ada Fitur Song Catch yang bermanfaat bagi pengguna untuk mencari tahu judul lagu beserta penyanyinya saat mendengar suatu musik di luar aplikasi yang tidak familiar di telinga pengguna.

TikTok Music memungkinkan pengguna untuk mengunduh lagu-lagu yang disukai agar dapat didengarkan secara offline.

Baca Juga: TikTok Gunakan Avatar Kecerdasan Buatan di Fitur Terbarunya

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memasukkan music library dari Spotify atau platform lain yang bekerja sama dengan TikTok.

Sayangnya, TikTok Music mengharuskan penggunanya untuk berlangganan dengan beragam pilihan paket harga mulai dari mingguan hingga bulanan.

Namun untuk saat ini, TikTok Music masih menyediakan satu bulan gratis bagi pengguna baru.

Editor
Komentar
Banner
Banner