fitur baru tiktok

TikTok Tengah Uji Coba Fitur Avatar dengan Andalkan Kecerdasan Buatan

TikTok bersiap menjalankan fitur baru berupa avatar yang mengandalkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Featured-Image
TikTok uji coba fitur avatar dengan mengandalkan AI. Foto: dok. pexels.com/cottonbro studio

bakabar.com, JAKARTA - TikTok bersiap menjalankan fitur baru berupa avatar yang mengandalkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Fitur AI Avatars pada aplikasi berbagi video singkat itu pertama kali diungkap oleh konsultan sosial media Matt Navarra lewat twitternya @MattNavarra, Jumat (26/4).

Dalam postingnya, Matt memperlihatkan avatar yang berbeda dari tampilan avatar 3D seperti bitmoji di Snapchat atau Avatar Instagram.

Namun, avatar yang diciptakan TikTok kali ini hasilnya mirip seperti lukisan.

Baca Juga: TikTok Ajak Pencinta Olahraga Meriahkan SEA Games 2023 dengan Aktivitas Seru

Matt menuturkan bahwa fitur AI Avatars yang dikembangkan TikTok itu nantinya akan bekerja setelah pengguna memilih 3-10 foto diri untuk diubah menjadi avatar.

Terdapat sekitar lima gaya berbeda yang dipilih pengguna untuk membuat avatar dengan bantuan AI tersebut.

Kemudian dalam beberapa menit, AI akan memproses permintaan tersebut dan menyuguhkan sebanyak 30 avatar yang bisa dipilih pengguna.

Pengguna TikTok bisa mengunduh satu atau bahkan beberapa avatar lainnya ke ponsel pintar pribadi mereka.

Baca Juga: TikTok Gunakan Avatar Kecerdasan Buatan di Fitur Terbarunya

Avatar tersebut bisa dibagikan juga di TikTok Stories atau pun digunakan sebagai gambar profil untuk penggunanya.

Pada masa uji coba itu jelas hanya beberapa orang yang bisa mencoba fitur ini, bahkan pengguna hanya bisa menggunakan fitur tersebut sekali dalam sehari.

Batasan lainnya yang ditentukan TikTok untuk penggunaan fitur ini ialah foto yang melanggar "Pedoman Komunitas" tidak dapat digunakan untuk membuat avatar.

Baca Juga: Kisah Shou Zi Chew, CEO TikTok yang Pernah Wamil di Hutan Kalimantan

Lalu foto yang diunggah akan dimoderasi oleh sistem moderasi konten aplikasi. Pihak TikTok akan menghapus semua foto yang diunggah pengguna setelah beberapa saat.

Berhubung masih dalam masa uji coba, apabila dirilis mungkin saja akan ada peningkatan yang dibawa saat diluncurkan secara global.

Editor


Komentar
Banner
Banner