Aplikasi Streaming Film

Netflix Enggan Buat Aplikasi Khusus Apple Vision Pro, Ini Alasannya

Netflix belum mau kembangkan aplikasi khusus untuk mendukung penggunaan Apple Vision Pro, berikut alasannya.

Featured-Image
Ilustrasi - Netflix belum tertarik rancang aplikasi khusus untuk mendukung penggunaan headset VR Apple Vision Pro. Foto: Channelnews

bakabar.com, JAKARTA - Aplikasi streaming film hingga serial TV Netflix, urung bekerja sama dengan Apple untuk mendukung penggunaan perangkat Apple Vision Pro.

Mengutip Gizmochina pada (28/1), Netflix menilai jumlah pengguna headset VR (Virtual Reality) Apple Vision Pro masih terbatas.

Sehingga Netflix sementara ini belum tertarik menghadirkan aplikasi khusus yang mendukung perangkat tersebut.

"Kami harus berhati-hati dalam memastikan investasi di tempat-tempat yang tidak benar-benar menghasilkan keuntungan, dan menurut saya, Netflix akan melihat apa yang akan terjadi dengan Vision Pro,” ujar CEO Netflix, Greg Peters.

Namun bukan berarti Netflix menolak Apple Vision Pro secara permanen. Hanya saja, Netflix perlu melihat dulu perkembangan pasar headset VR terhadap kebutuhan pengembangan aplikasi miliknya.

"Tentu saja kami selalu berdiskusi dengan Apple untuk mencoba dan mencari tahu hal tersebut, tetapi saat ini pasae perangkat tersebut sangat kecil sehingga tidak terlalu relevan bagi sebagian besar konsumen kami," ucap Greg.

Netflix bukan satu-satunya pihak yang belum mau membuat aplikasi untuk mendukung penggunaan Apple Vision Pro.

Sebab YouTube dan Spotify juga melakukan hal yang sama meskipun keduanya dapat diakses melalui aplikasi browser web pada headset.

Sementara itu, layanan streaming milik Apple yakni Apple TV+ sudah merangkul dunia VR dengan peluncuran Apple Immersive Video.

Apple Immersive Video sendiri, merupakan sebuah format yang menawarkan hasil rekaman video 3D dengan dengan sudut pandang 180 derajat, resolusi 8K, dan audio spasial.

Sebelumnya, Netflix sebenarnya sudah berpengalaman di bidang VR setelah meluncurkan aplikasi VR pada 2015 silam.

Kala itu aplikasi tersebut mampu memproduksi video 360 derajat, contohnya pada serial Stranger Things.

Apple Vision Pro Hadirkan Mode Tamu, Bisa Berbagi Ponsel dengan Teman
Ilustrasi - penggunaan headset VR Apple Vision Pro. Foto dok. Apple

Sekadar info, headset Apple Vision Pro saat ini tengah menikmati penjualan pre-order yang cukup kuat.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, pemesanan Apple Vision Pro berada di remtang 160 ribu hingga 180 ribu unit.

Namun berdasarkan pernyataan Netflix di atas, konsumen Apple Vision Pro tampaknya akan cukup kecewa karena belum bisa menonton tayangan di Netflix dengan sensasi berbeda.

Editor


Komentar
Banner
Banner