Tidur Berkualitas

Simak Tips Berikut agar Bisa Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Tidur nyenyak memberi manfaat besar buat tubuh. Ada tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas. 

Featured-Image
Ilustrasi tidur nyaman. Sumber - Google

bakabar.com, JAKARTA - Tidur nyenyak memberi manfaat besar buat tubuh. Ada tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas. 

Tidur malam yang nyenyak tak hanya akan membuat tubuh Anda kembali bugar dan berenergi. Tidur nyenyak juga memberi manfaat besar untuk tubuh seperti membantu proses belajar dan mengingat, stabilitas emosi, fungsi kardiovaskular dan metabolisme tubuh, juga membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Sayangnya, tak semua orang bisa mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas. Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan fisik, juga kesehatan mental. Demi kesehatan, pastikan Anda selalu menjaga kualitas tidur malam. Mengutip dari verywellmind.com, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas.

1. Buatlah aktivitas rutin sebelum tidur

Aktivitas rutin ini bukanlah aktivitas berat, tapi aktivitas yang bisa Anda lakukan sebagai pengantar tidur. Misalnya, menggosok gigi, mandi air hangat, pakai baju tidur yang nyaman, membaca buku, atau mengatur lampu tidur.

2. Ciptakan ruang tidur yang nyaman

Idealnya kamar tidur bersuasana gelap dengan suhu yang sejuk cenderung hangat, juga jauh dari suasana bising. Jika ada cahaya yang terang masuk ke ruang tidur, gunakan gorden untuk menghalanginya. Jika masih terasa bising, tutuplah telinga Anda menggunakan penutup telinga.

Baca Juga: Detoksifikasi Tubuh dengan Minum Air Hangat Sebelum Tidur, Efektifkah?

Jika memungkinkan, gunakan minyak pewangi atau essensial oils untuk membuat suasana ruang tidur Anda semakin nyaman dan menenangkan. Pastikan ruang tidur Anda tidak menjadi ruang kerja atau ruang makan. Jauhi kamar Anda dari aktivitas kerja, makan, atau menonton televisi.

3. Jauhi TV, laptop dan handphone sebelum tidur

Televisi, laptop dan handphone mengandung blue light yang berpengaruh pada suasana sebelum tidur. Cahaya ini bisa berpengaruh dan membuat Anda menjadi susah rileks. Padahal, untuk menciptakan tidur yang berkualitas sangat penting menciptakan kondisi rileks dan pikiran Anda jadi lebih tenang. Para ahli menyarankan untuk menghentikan penggunaan ketiga benda tersebut minimal dua jam sebelum tidur.

kurang-tidur-tekanan-darah-naik
Ilustrasi tidur. Foto-hellosehat.com

4. Jangan makan berat menjelang tidur

Makan sebelum tidur akan membuat perut terasa penuh dan mengganggu kesempatan untuk tidur nyenyak. Karena itu disarankan untuk menyelesaikan makan berat pada dua atau tiga jam sebelum tidur. Jika masih merasa lapar menjelang tidur, makanlah makanan yang ringan dan tak membuat perut penuh. Misalnya buah-buahan, atau biskuit tanpa gula dan krim.

5. Berhenti minum dua jam sebelum tidur

Minum sebelum tidur akan membuat tidur Anda terganggu. Sebab Anda akan mudah terbangun karena rasa ingin buang air kecil. Bukan hanya sekali, bisa jadi Anda akan terbangun beberapa kali. Sebaiknya, untuk memastikan tubuh Anda cukup mengonsumsi air putih, perbanyak minum sejak pagi hingga sore hari. Hindari juga mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh beberapa jam sebelum tidur. Meminum teh dan kopi akan membuat tidur Anda terganggu.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Serai Sebelum Tidur, Efek Relaksasinya Patut Dicoba!

6. Perbanyak aktivitas fisik

Memperbanyak aktivitas fisik seharian akan membuat tubuh Anda lelah dan mengantuk. Banyak penelitian yang mengatakan tubuh yang lelah akan memicu hormon melatonin yang membuat Anda semakin mudah mengantuk dan tidur.

7. Hindari tidur siang

Jika Anda mengalami gangguan tidur, maka penting untuk Anda menghindari tidur siang. Sebab jika Anda sudah tidur di siang hari, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami susah tidur di malam hari.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda bisa tidur nyenyak. Selamat mencoba.

Editor


Komentar
Banner
Banner