Info Kesehatan

5 Jenis Olahraga di Malam Hari, Bikin Tubuh Rileks dan Tidur Lebih Nyenyak

Tak sedikit orang yang meyakini kalau waktu terbaik untuk olahraga adalah sebelum memulai hari.

Featured-Image
Manfaat berolahraga pada malam hari. Foto: Bola.com.

bakabar.com, JAKARTA - Tak sedikit orang yang meyakini kalau waktu terbaik untuk olahraga adalah sebelum memulai hari. Namun faktanya, waktu terbaik untuk berolahraga adalah di waktu yang Anda sempatkan, kendati pada malam hari.

Bahkan, olahraga pada malam hari juga memiliki efek yang bisa meningkatkan kualitas hidup. Hal itu dikarenakan berolahraga setelah rutinitas harian dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Meakukan aktivitas fisik yang porsinya sesuai justru memberikan efek relaksasi pada tubuh. Dengan demikian anggapan yang mengatakan jika melakukan olahraga sebelum tidur bisa membuat insomnia adalah keliru.

Lantas apa saja ya keuntungan dari olahraga malam?

Latihan Jadi Lebih Bebas

Biasanya, tempat fitness akan ramai pengunjung di pagi atau siang hari, harus mengantre atau bergantian menggunakan fasilitas fitness dengan banyak orang.

Berbeda dengan di malam hari, di mana pengunjung tidak terlalu banyak, jadi Anda bisa menggunakan fasilitas gym lebih lama dan bebas.

Tubuh Lebih Siap Menjalani Olahraga

Beberapa riset menunjukan bahwa orang yang berolahraga pada pagi hari biasanya lebih berfofus pada pikiran bukan tubuh. Mungkin saja Anda berpikir sudah siap berolahraga di pagi hari, namun tubuh bisa saja baru siap melakukan olahraga ketika malam.

Tidur Lebih Nyenyak

Agar tidur lebih nyenyak, tentu harus melakukan olahraga sebelumnya. Untuk menghindari insomnia, lakukan olahraga ringan dengan gerakan sederhana saja ya jangan terlalu berat. Setelah berolahraga, otomatis kualitas tidurmu akan menjadi lebih baik.

Jenis olah raga yang bisa dilakukan pada malam hari:

1. Latihan Beban

Latihan kekuatan dengan beban merupakan salah satu olahraga paling efektif untuk membentuk tubuh, menambah massa otot, membakar lemak dan kalori, serta meningkatkan kekuatan fisik seseorang.

Olahraga angkat beban merupakan olahraga yang dilakukan secara bertahap. Jadi, kalau Anda baru mulai bisa pakai beban ringan seperti dumbell atau kettlebell. Panas tubuh yang meningkat saat angkat beban dapat mengendurkan otot dan menciptakan efek termal yang mirip dengan mandi air hangat.

2. Menari dengan Musik

Beraktivitas seharian bisa membuat Anda penat. Menari adalah salah satu cara yang pas untuk melepas penat sekaligus membakar kalori. Anda bisa menemukan banyak video panduan olahraga ini di YouTube dengan pilihan lagu dari berbagai genre dan generasi.

Selain melepas penat, olahraga dengan menari juga bisa membuat Anda yang sulit termotivasi lebih mudah untuk mulai berolahraga!

3. Pilates

Olahraga satu ini sering dianggap sama dengan yoga, padahal tujuannya berbeda. Perbedaan yoga dan pilates adalah yoga digunakan untuk meningkatkan kelenturan tubuh dan persendian. Di sisi lain, pilates berfokus pada upaya untuk mengendurkan sekaligus memperkuat otot-otot yang tegang.

4. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga senam. Melakukan yoga pada malam hari masih terbilang aman, karena yoga mampu membuatmu menjadi lebih rileks, nyaman, melepas stress dari beban pekerjaan. Olahraga malam ini juga baik untuk melancarkan peredaran darahmu sehingga tidurmu akan jadi lebih nyenyak.

5. Joging

Jika Anda tidak begitu suka yoga, jogging atau berjalan kaki bisa jadi pilihanmu untuk berolahraga malam. Bisa dilakukan saat perjalanan pulang kantor.

Coba untuk pulang kerja dengan berjalan kaki daripada harus berkendaraan setiap hari. Jika sudah terbiasa, berjalan kaki saat pulang bekerja bisa dijadikan bagian olahraga malammu. Tidur akan jadi lebih nyenyak.

itulah jenis olahraga tanpa alat serta manfaat yang bisa diperoleh jika melakukannya pada malam hari. Selamat mencoba.

Editor


Komentar
Banner
Banner