Rekomendasi Film

Rekomendasi Empat Film Biopik Seru tentang Pembalap

Film biopik selalu menceritakan tokoh paling berpengaruh di masyarakat. Biasanya soal musisi sampai politikus, tapi ada juga tentang pembalap.

Featured-Image
Psoter film Ford v Ferrari. Foto: Autoweek

bakabar.com, JAKARTAFilm biopik selalu menceritakan tokoh paling berpengaruh di masyarakat. Biasanya soal musisi sampai politikus, tapi ada juga tentang pembalap.

Tokoh-tokoh lain seperti olahragawan juga menarik untuk disaksikan. melihat bagaimana perjuangan dan kerja keras mereka untuk menjadi seorang juara. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa terdapat film biopik berdasarkan sosok pembalap.

Melihat kehidupan mereka diluar kursi pengemudi menjadi narasi menarik untuk disaksikan banyak orang. Berikut empat film biopik yang diangkat berdasarkan sosok pembalap sunguhan.

Ford v Ferrari

Psoter film Ford v Ferrari. Foto: Autoweek
Psoter film Ford v Ferrari. Foto: Autoweek

Disutradarai oleh James Mangold, film Ford vs Ferrari juga diisi oleh sejumlah artis Hollywood ternama seperti Christian Bale sebagai Ken Miles, Matt Damon memerankan Carroll Shelby sampai dengan Tracy Letts yang berperan sebagai Henry Ford II.

Baca Juga: Belum Rilis, Film Snow White 2024 Mendapat Banyak Kecaman

Ford v Ferrari bercerita tentang persaingan antar dua perusahaan mobil raksasa, yaitu Ford dan Ferrari. Keduanya saling berkompetisi untuk membuat mobil balap terbaik.

Persaingan tersebut akan ditentukan dalam ajang balap paling bergengsi, Le Mans. Namun dalam setiap kompetisi, Ferrari selalu menjadi yang terdepan dalam pembuatan kendaraan cepat tersebut.

Hingga suatu saat, Carroll Shelby membuat kesepakatan dengan Henry Ford II untuk menciptakan mobil Ford yang mampu bersaing dengan Ferrari. Kesepakatan itu bukan tanpa syarat, Carroll Shelby hanya akan membuat mobil tersebut dengan Ken Miles  sebagai sang mekanik.

Henry Ford II dan Carroll Shelby dan keduanya membuat Kongsi perusahaan baru bernama Ford Shelby dengan Ken Miles sebagai mekanik utama. Permasalahan belum usai, Carroll Shelby dan Ken Miles harus bekerja keras karena kompetisi Le Mans akan berlangsung dalam 90 hari.

Rush

Poster film Rush. Foto: Netflix
Poster film Rush. Foto: Netflix

Berbeda dengan sebelumnya, film kali ini bukan tentang kompetisi antar perusahaan, tapi persaingan dari dua sosok paling melegenda di arena balap Formula 1.

Rush menceritakan biografi pembalap F1 bernama James Hunt dan Niki Lauda. Film itu disutradarai oleh Ron Howard dengan naskah yang ditulis Peter Morgan.

Baca Juga: Strays: Film Bertemakan Anjing yang Dibuat Tanpa CGI

Film itu dibintangi oleh Chris Hemsworth sebagai Hunt dan Daniel Brühl sebagai Lauda. Selain itu, film ini turut dibintangi Olivia Wilde, Alexandra Maria Lara, Natalie Dormer, dan masih banyak lagi.

Rush merupakan film biopik yang bercerita tentang dua pembalap F1 James Hunt dan Niki Lauda yang selalu bersaing memperebutkan podium terdepan. Keduanya sangat berbakat dan selalu bersaing sengit di F1 pada 1970.

James Hunt (Chris Hemsworth) merupakan pembalap Formula 3 yang tidak tertandingi. Ia tidak pernah memiliki mimpi untuk masuk dalam ajang Formula 1 karena tidak memiliki modal untuk mendapatkannya.

Sementara Niki Lauda (Daniel Bruhl) adalah pembalap pendatang baru. Lauda merupakan anak dari keluarga pebisnis kaya dan mampu mengalahkan Hunt di ajang Formula 3.

Persaingan kedua berubah ketika nasib naas menimpa Lauda. Ia diketahui mengalami tragedi mengerikan dalam Grand Prix Jerman yang berlangsung di Nurbunging Nordschleife.

Days of Thunder

Penampilan Tom Cruise dan Nicole Kidman dalam film Days of Thunder. Foto: IMDB
Penampilan Tom Cruise dan Nicole Kidman dalam film Days of Thunder. Foto: IMDB

Meski bukan sepenuhnya biografi, tapi film Days of Thunder memiliki karakter utama, Cole Trickle yang diketahui sangat mirip dengan legenda pembalap mobil Nascar, Tim Richmond and Geoff Bodine.

Tidak hanya itu, sejumlah adegan yang ditampilkan juga mirip dengan kejadian yang dialami oleh kedua pembalap mobil Nascar tersebut.

Film yang telah rilis pada 1990 itu digarap oleh Tony Scott yang dibintangi oleh salah satu artis Hollywood paling ikonik, Tom Cruise. Film itu juga turut dihadiri oleh Nicole Kidman, John C. Reilly, Michael Rooker dan masih banyak lagi.

Days of Thunder bercerita tentang Cole Trickle (Tom Cruise) yang merupakan pembalap bertemperamen tinggi. Berniat menantang diri lebih jauh, Cole Trickle memilih untuk terjun ke arena balap mobil Nascar.

Baca Juga: Gran Turismo: dari Ruang Simulasi Menuju Arena Balap Sesungguhnya

Arena balap mobil Nascar sendiri diketahui penuh tantangan serta tekanan yang sama tingginya dengan kompetisi lain seperti Formula 1.

Namun, karena karakternya yang sangat sulit diatur, ia kerap kali membuat masalah tidak hanya dengan pembalap lain, tapi juga kepada rekan satu tim. Cole Trickle hanya berjuang untuk mengubah sikapnya jika ingin menjadi seorang pemenang di arena mobil balap Nascar.

Gran Turismo

Gran Turismo: Dari Ruang Simulasi Menuju Arena Balap Sesunguhnya
Film Gran Turismo. Foto: The Daily Beast

Disutradari oleh Neil Blomkamp, Gran Turismo merupakan film adaptasi game yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Film itu dibintangi oleh sejumlah artis Hollywood papan atas seperti Archie Madekwe sebagai Jann Mardenborough, dan juga David Harbour yang memerankan Jack Salter.

Gran Turismo bercerita tentang perusahaan produsen mobil ternama asal jepang, Nissan yang berencana membuat program GT Academy. Program ditujukan untuk melatih pemain game professional Gran Turismo menjadi pembalap mobil sungguhan.

Di tempat yang berbeda, terdapat seorang pemuda bernama Jann Mardenborough menjalani hidup sebagai karyawan ritel pada usia remaja.

Tapi di dunia maya, Jann dikenal sebagai seorang pemain game yang cukup berbakat. Ia menjadi cukup populer karena memiliki kelihaian dalam game simulasi balap mobil, Gran Turismo.

Hingga suatu hari, Jann mendapat undangan untuk mengikuti program GT Academy. Program itu ia terima setelah berhasil mencetak lap tercepat dalam game simulasi balap tersebut.

Jann kemudian berjuang keras untuk menjadi pembalap mobil sungguhan dan bersaing dengan kelima kontestan yang turut menerima undangan GT Academy.

Editor


Komentar
Banner
Banner