Strays

Strays: Film Bertemakan Anjing yang Dibuat Tanpa CGI

Bergenre komedi dewasa, Strays menjadi film bertema anjing yang dibuat 95 persen tanpa teknologi Computer-generated imagery CGI.

Featured-Image
Poster film Strays. Foto: Click on Detroit

bakabar.com, JAKARTA Bergenre komedi dewasa, Strays menjadi film bertema anjing yang dibuat 95 persen tanpa teknologi Computer-generated imagery (CGI).

Meski terkesan memiliki konsep cerita keluarga, tapi film yang berdurasi 90 menit itu memiliki sejumlah candaan yang kurang cocok disaksikan oleh anak-anak, karena memang dibuat untuk kelompok dewasa.

Film yang bercerita tentang perjalanan hewan merupakan konsep tua yang sudah banyak digunakan di dalam banyak film sebelumnya. Hanya dibutuhkan hewan, pengisi suara dan narasi yang membuat mereka memiliki kepribadian.

Tapi, di tengah perkembangan teknologi, sejumlah studio film lebih memilih berpangku pada pencitraan digital ketimbang menggunakan hewan sesungguhnya.

Hal itu karena melatih hewan untuk melakukan sesuatu sesuai narasi cerita membutuhkan kerja keras lebih. Oleh karenanya, banyak pembuat film memilih penggunaan CGI untuk membuat pekerjaan lebih mudah.

Tapi, sutradara film Josh Greenbaum justru melakukan hal yang sebaliknya. Ia memilih menggunakan hewan sungguhan dalam pembuatan film Strays.

Melansir dari Collider, Ia menjelaskan bahwa CGI tetap dipergunakan tapi hanya untuk sejumlah adegan yang dinilai cukup berbahaya bila dilakukan oleh hewan sungguhan.

“Karena membuatnya dengan hewan sungguhan, proses penyutingan jadi terasa sunyi karena tidak ada dialog. Sebanyak 95 persen adegan menggunakan anjing sungguhan. Hal itu menjadi sangat penting,” ujarnya yang dikutip, Senin (21/8).

Tapi ia tetap memastikan bahwa setiap hewan yang terlibat di lapangan dalam keadaan aman. Lalu saat memasuki adegan berbahaya pihaknya akan menggunakan 100 persen CGI.

Melatih setiap hewan untuk melakukan apa yang dibutuhkan oleh cerita menjadi tantangan tersendiri bagi Greenbaum, karena setiap hewan itu tentunya sulit diatur. Tapi, karena hal itu ia merasa senang selama proses penyutingan.

“Tentu kita tidak bisa membuat anjing itu berbicara, jadi ketika muncul pengisi suara manusia, kita sedikit menyunting mulutnya seakan mereka berbicara,” jelasnya.

Film Strays sendiri sudah dapat disaksikan sejak 18 Agustus 2023 dan telah tersedia pada sejumlah bioskop di seluruh Indonesia.

Editor


Komentar
Banner
Banner