Pemilu 2024

POLITIK SEPEKAN: Kisruh Sistem Pemilu hingga Sandi Uno Gabung PPP

Lanskap politik sepekan terakhir menyita perhatian publik dengan tontonan nyentrik dari kisruh sistem Pemilu yang akhirnya diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK)

Featured-Image
Plt Ketua Umum PPP Mardiono mengenakan jaket partai ke Sandiaga Uno saat resmi menjadi kader PPP, Rabu (14/6). Foto: apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Lanskap politik sepekan terakhir menyita perhatian publik dengan tontonan nyentrik dari kisruh sistem Pemilu yang akhirnya diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) memberlakukan sistem Pemilu terbuka hingga Menparekraf Sandiaga Uno yang bergabung dengan PPP.

Tim bakabar.com  mencuplik sejumlah berita politik pilihan dalam sepekan untuk menjadi kaleidoskop catatan politik negeri jelang Pemilu 2024.

Berikut daftar berita politik pilihan:

1. Perindo Tepis Eks Gubernur NTB Bakal jadi Cawapres Ganjar

Ketua Umum DPP Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo menyebut bursa cawapres pendamping Ganjar Pranowo terlalu pagi untuk dibahas.

Termasuk nama Ketua Harian DPP Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi yang berpeluang menjadi pendamping Ganjar.

"Kita sekarang fokus baru kemarin kerjasama politik. Terlalu pagi. Kita nggak boleh bicara gitu. Jadi kita musti urai, karena banyak yang harus dievaluasi bersama-sama," kata Hary, Minggu (11/6).

Baca Selengkapnya

2. PDIP Bantah Gerogoti Soliditas Koalisi Perubahan!

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Utut Adianto menilai rencana pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) takkan menggerogoti soliditas Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). 

Terlebih manuver PDIP semula disinyalir dapat menggagalkan pencapresan Anies Baswedan, sebab Partai Demokrat berpeluang hengkang dari KPP dan menggugurkan tiket Anies. 

"Kalau ada yang berpendapat, namanya orang berpendapat, ya boleh kan analisisnya bisa macam-macam," kata Utut kepada wartawan, Selasa (13/6).

Baca Selengkapnya

3. PKS: Jangan Alergi dengan Slogan Perubahan Anies!

Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PKS, Suswono mengimbau sejumlah rival politik agar tak alergi dengan slogan perubahan yang hendak diusung bacapres Anies Baswedan.

Sebab Anies takkan menghapus seluruh rencana maupun legasi pemerintahan Jokowi tanpa alasan yang jelas.

"Jadi tidak perlu takut tentang perubahan, karena masih banyak yang alergi seolah-olah apa yang sudah dipersiapkan dan dilaksanakan oleh presiden saat ini akan dihapus sepenuhnya oleh Pak Anies, tidak," kata Suswono saat memberi sambutan dalam halal bihalal kader DPD Kota Bogor di GOR Pajajaran, Minggu (11/6).

Baca Selengkapnya

4. Denny Tuding Kasus Mentan Syahrul Limpo Demi Jegal Anies Baswedan

Eks Wamenkumham Denny Indrayana menuding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 'memukul' Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) melalui wacana mentersangkakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

"Pagi tadi saya kembali mendapatkan informasi penting. Kali ini soal dugaan kasus korupsi yang sedang berjalan di KPK," kata Denny dalam keterangannya, Rabu (14/6). 

"Yang ditarget menjadi tersangka lagi-lagi adalah lawan oposisi. Seorang Menteri dengan inisial S*L. Tujuannya jelas, mengganggu koalisi KPP, dan menjegal pencapresan Anies Baswedan," sambung dia. 

Baca Selengkapnya

5. Tok! MK Tolak Gugatan Permohonan Sistem Pemilu Tertutup

Mahkamah Konstitusi (MK) Menolak permohonan uji materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilhan Umum. Sistem pemilu masih mengunakan sistem lama yaitu sistem proposional terbuka. 

Dengan begitu, sistem pemilihan masih mencoblos atau memilih Calon Legislatif tetap berlaku.

"Menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya," ucap hakim ketua Anwar Usman dalam sidang pembacaan putusan yang digelar di gedung MK, Jakarta, Kamis (15/6).

Baca Selengkapnya

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner