News

Polisi Beberkan 3 Peran Tersangka Kasus Tambang Ilegal Kaltim: Termasuk Ismail Bolong

Polisi telah menetapkan 3 orang sebagai tersangka dalam kasus tambang ilegal

Featured-Image
Kabag Penum Kombes Nurul Azizah. Foto.dok JPNN.com

bakabar.com, JAKARTA - Polisi telah menetapkan 3 orang sebagai tersangka dalam kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Kombes Nurul Azizah mengatakan Ketiga tersanga itu yakni Budi alias BP, Rimto alias RP, dan Ismail Bolong alias IB.

"Tiga orang tersangka, yaitu BP berperan sebagai penambang batu bara tanpa izin atau ilegal. RP sebagai kuasa direktur PT EMP berperan mengatur operasional batu bara dari mulai kegiatan penambangan, pengangkutan dan penguatan dalam rangka dijual dengan atas nama PT EMP. Selanjutnya IB berperan mengatur rangkaian kegiatan penambangan ilegal," kata Kabag Penum, Kombes Nurul Azizah dalam keterangan pers daring, Kamis (8/12).

Baca Juga: Diperiksa Belasan Jam, Ismail Bolong Dijerat 3 Pasal dalam Kasus Tambang Ilegal

Nurul menjelaskan 3 tersangka kasus ini berdasarkan laporan polisi nomor LPA0099II/2022/SPKT Dirtipidter Bareskrim Polri tangal 23 Februari 2022 terkait dengan dugaan penambangan ilegal yang telah berlangsung dari awal bulan November 2021.

Selanjutnya, lokasi penambangan ilegal ini berada di Terminal khusus PT MTR yang terletak di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Adapun TKP di Terminal khusus PT MTE yang terletak di Kaltim dan lokasi penambangan dan penyimpanan batu bara hasil penambangan ilegal yang juga Termasuk dalam PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara) PT SB," ujarnya.

Baca Juga: Ismail Bolong Buka Suara Soal Suap ke Petinggi Polri!

Untuk diketahui, sebelumnya Ismail Bolong  diperiksa selama 13 jam di Bareskrim. Setelah pemeriksaan ia langsung ditahan karena ditengarai melanggar tiga pasal berlapis berkaitan dengan pertambangan. 

Tersangka tersebut terkena Pasal 158 dan pasal 161 UU Nomor 3 tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batu bara.

Editor


Komentar
Banner
Banner