Pemkot Banjarbaru

Perkuat Kemandirian, Pemkot Banjarbaru Gelar Gerakan Sadar Membayar PBB-P2

Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar Gerakan Sadar Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Featured-Image
Pejabat lingkup Pemkot Banjarbaru saat mencontohkan membayar pajak PBB-P2 tepat waktu. Foto: bakabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru meluncurkan Gerakan Sadar Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Aula Bina Satria, Kamis (22/2).

Langkah ini sebagai upaya dalam membangun kesadaran kolektif tentang arti penting kontribusi pajak bagi kemajuan infrastruktur dan pelayanan publik di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemungutan pajak telah menjadi fokus utama Pemkot Banjarbaru guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Melalui Gerakan Sadar Membayar PBB-P2 ini, diharapkan dapat mengedukasi dan meningkatkan kesadaran kepada para ASN dan masyarakat akan pentingnya membayar pajak secara tepat dan berkala.

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, menyampaikan bahwa pajak merupakan kontribusi wajib rakyat kepada negara, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang digunakan untuk keperluan megara yang bertujuan kemakmuran rakyat itu sendiri.

“Pembayaran pajak merupakan perwujudan kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung, dan bersama-sama melaksanakan pembangunan nasional,” ungkapnya.

Sementara pendapatan daerah sedemikian penting untuk pemerintah daerah untuk membiayai tugas-tugas pemerintahan, pelayanan masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan. Untuk itu, upaya peningkatannya perlu terus diperjuangkan.

“Wajar apabila kepada masyarakat diwajibkan memberikan sebagian dari manfaat yang diperolehnya kepada Negara melalui pajak. Pajak yang kita terima sangatlah bermanfaat untuk pembangunan, pajak adalah partisipasi aktif para ASN dilingkup Pemerintah Kota Banjarbaru dan masyarakat dalam membayar PBB-P2," jelasnya.

Juga merupakan investasi untuk masa depan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana melalui kontribusi tersebut dapat memperkuat infrastruktur, layanan publik, serta berbagai program pembangunan yang akan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala BPPRD Banjarbaru Ahmad Rudy Kemas Indrawijaya, mengatakan kegiatan ini selain untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak PBB-P2, juga mengedukasi dan mensosialisasikan terkait membayar pajak tepat waktu.

"Dan memberikan contoh kepada masyarakat bahwa Wali Kota, dan pejabat taat membayar pajak. Kami menekankan khususnya kepada ASN Kota Banjarbaru, untuk menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam ketaatan bayar pajak tepat waktu,” cetusnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner