Info Teknologi

Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Pembeli Jangan Gagal Paham

Sebagian konsumen mungkin bingung dengan penyebutan TV modern. Yuk kenali perbedaan Smart TV dan Android TV.

Featured-Image
Biar enggak bingung, simak perbedaan Smart TV dan Android TV. (Foto: beebom)

bakabar.com, JAKARTA - Konsumen yang ingin membeli TV baru, kini dihadapkan pada dua pilihan yakni Smart TV dan Android TV.

Sekilas bentuk keduanya juga tak memiliki perbedaan signifikan. Belum lagi harga Smart TV dan Android TV juga beragam mulai Rp1 jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Harga tersebut tentunya tergantung merek, tipe, ukuran, hingga kualitas layar yang ditawarkan.

Agar tidak salah pilih, mari simak dulu perbedaan Smart TV dan Android TV.

Baca Juga: TCL Rilis Android TV 9 Series dengan Kualitas HDR 10

Melansir tcl.com, Selasa (17/10), Smart TV merupakan televisi pintar yang dibuat dengan berbagai fitur modern dan dapat terhubung ke internet.

Sehingga penonton bisa menyaksikan tayangan TV yang disiarkan saluran antena maupun tayangan atau konten online yang bisa diakses lewat internet.

Smart TV dilengkapi berbagai aplikasi dan fitur pendukung sistem hiburan penonton semisal aplikasi streaming Netflix hingga Amazon Prime Video, YouTube, konektivitas Wifi dan Bluetooth, mode gambar, dan sebagainya.

Karena itu Smart TV juga dikenal dengan Internet TV. Namun setiap merek biasanya memiliki sistem operasi sendiri untuk produknya, misalnya LG dengan webOS dan Samsung dengan Tizen TV OS.

Baca Juga: Hari Ini TV Analog di Banjarmasin Mulai Dihentikan, Dua Daerah Mundur

Sistem operasi tersebut dirancang khusus oleh pabrikan untuk kemudahan pengguna dalam menonton.

Sementara Android TV, sebenarnya tergolong sebagai Smart TV. Hanya saja menggunakan sistem operasi Android layaknya ponsel pintar.

Fungsinya pun sama, bisa digunakan untuk menonton saluran dari antena maupun konten online yang ada di aplikasi streaming maupun YouTube.

Dari segi tampilan penggunaan, sistem operasi Smart TV didesain sederhana dan lebih praktis dari Android TV yang didalamnya terdapat banyak aplikasi.

Baca Juga: 5 Wilayah termasuk Bandung dan Jogja Siap Akses Siaran TV Digital

Akan tetapi, aplikasi di Android TV dapat ditambah sesuai kebutuhan di Google Play Store, sedangkan aplikasi Smart TV sudah disediakan dari pabrikan dan belum tentu bisa ditambah.

Karena itu, aplikasi pada Smart TV biasanya tidak dapat diperbarui atau update. Sedangkan aplikasi di Android TV bisa di-update layaknya di smartphone.

Soal fiturnya, Smart TV dan Android TV secara umum sama-sama memiliki fitur yang mendukung kenyamanan menonton.

Namun Android TV biasanya memiliki remot dengan perintah suara Google Assistant untuk mengakses pencarian atau aplikasi yang diinginkan.

Baca Juga: Top 3 Tekno: Kolaborasi G-Shock, Samsung S23 FE, dan PO iPhone 15

Tapi Android TV umumnya punya dua remot untuk menjalankan fungsi TV, dan satunya lagi untuk mengakses aplikasi atau tontonan digital.

Sementara Smart TV mengandalkan satu remot untuk menjalankan berbagai fitur dan aplikasinya.

Berdasarkan perbedaan Smart TV dan Android TV di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis perangkat ini sama-sama memiliki fitur canggih untuk mendukung kegiatan hiburan di dalam rumah.

Baca Juga: Nokia Magic Max 2023 5G, Ponsel Viral Spek Gahar Mirip iPhone

Smart TV bisa dibilang menawarkan kepraktisan, karena sudah diatur pabrikan agar penggunanya bisa dengan mudah menonton tayangan yang diinginkan.

Sementara Android TV menawarkan sistem operasi yang familiar dan biasa ditemui di ponsel Android. Tapi banyaknya opsi hingga aplikasi, terkadang membuat kapasitas memori mudah penuh jika tidak diatur dengan baik.

Editor
Komentar
Banner
Banner