Berita Teknologi

Agate Kembangkan Porting Games yang Bisa Berjalan di iPhone 15 Pro

Agate, pembuat gim lokal asal Indonesia, sedang kembangkan uji coba “porting” atau pemindahan platform gim yang khusus berjalan di iPhone 15 Pro.

Featured-Image
Ilustrasi - harga iPhone 15 Pro Max mulai Rp24 jutaan. Foto: Harun/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Agate, pembuat gim lokal asal Indonesia, sedang mengembangkan uji coba “porting” (pemortaan) atau pemindahan platform gim yang khusus untuk dapat berjalan di iPhone 15 Pro.

“Ya, kami sedang menjalankan itu (porting gim untuk seri iPhone 15 Pro)," kata Chief Strategy Officer Agate, Cipto Adiguno, dikutip Antara, Kamis (18/1).

Porting sendiri memiliki arti perubahan terhadap peranti lunak dan peranti keras untuk menjadikan gim dapat dimainkan di lingkungan berbeda, misalnya mampu dimainkan di konsol, PC, maupun mobile.

Selain beberapa gim mobile, Agate berfokus pada gim konsol dan PC hingga skala AA.

Baca Juga: Deretan Smartwatch Terbaik 2023, Suunto Vertical hingga Apple Watch

Sedangkan untuk memungkinkan gim-gim yang telah ada tersebut dapat dimainkan di seri iPhone 15 pro, diperlukan porting, proses yang terdengar sepele namun cukup sulit dilakukan.

iPhone 15 series, termasuk iPhone 15 Pro yang dirilis pada September 2023 lalu, dibekali chipset Apple A17 Pro, yang menjadi yang pertama menjalankan gim-gim berat kelas AAA yang biasa dimainkan di konsol dan PC.

Dengan kemampuan gaming iPhone 15 Pro, Agate sebagai perusahaan anak Bangsa lulusan-lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu muncul untuk menggarap proyek uji coba porting.

“Kami sedang memahami seperti apa kerumitan chipset A17 Pro, termasuk regulasi-regulasi Apple, atau misalnya ada ketidakcocokan dengan mesin yang seperti apa, harusnya kami bisa tahu itu dalam waktu dekat, ya, beberapa bulan ke depan, dari situ kita baru akan punya rencana yang lebih jelas,” papar Cipto.

Baca Juga: The Hunger Games: The Ballad of Songbirds and Snakes, Tuai Kritik dan Pujian dari Rotten Tomatoes

Hingga saat ini, Agate tengah menjajal proses porting tersebut menggunakan gim balap unreleased (tidak diluncurkan untuk umum) yang mereka sebut “Stellaris”.

Ia menyebut bila mereka berhasil menjalankan gim tersebut pada chipset A17 Pro, tidak menutup kemungkinan bagi Agate untuk melakukan hal serupa.

Hal itu dengan tujuan komersil untuk gim-gim Agate yang telah sukses di pasar global, seperti Valthirian Arc hingga Mythic Protocol.

Editor
Komentar
Banner
Banner