Pemko Banjarbaru

Pemko Banjarbaru Dorong Pengembangan Kain Sasirangan

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru terus mendorong pengembangan kain sasirangan….

Featured-Image
Foto-Ilustrasi kain sasirangan.

bakabar.com, BANJARBARU – Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru terus mendorong pengembangan kain sasirangan.

Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, menilai peningkatan kualitas produk sasirangan perlu dilakukan untuk menjaga keunggulan fashion Kota Banjarbaru.

“Ini suatu kebutuhan, bagaimana kita menjaga eksistensi salah satu subsektor kita tetap unggul dan meluas produksinya. Pemakaiannya tidak hanya di Kalsel, tapi juga ke nasional, bahkan internasional,” kata Jaya saat di sela kegiatan bertajuk “Peningkatan Kualitas Produk Sasirangan bagi Pelaku Usaha Sasirangan se Kota Banjarbaru” belum lama ini.

Menurut Jaya pelatihan peningkatan kualitas produk sasirangan sangat dibutuhkan masyarakat Banjarbaru. Sebab, Pemerintah Kota Banjarbaru sendiri memang aktif mengembangkan produk-produk ekonomi kreatif melalui tagline 3F yakni Food, Fun, Fashion.

“Sasirangan ini kalau sudah berbentuk baju jadi, itu masuk kategori fashion. Tapi kalau bentuknya masih berupa kain, bisa juga masuk kategori kriya atau kerajinan,” kata Jaya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru, Muhammad Rustam, menyampaikan selama ini pelaku ekonomi kreatif sasirangan di Kota Banjarbaru tidak hanya sebatas membuat kain atau pakaian sasirangan saja, tetapi juga mengembangkan dan mengkombinasikannya dengan produk khas Kota Banjarbaru lainnya, seperti tas purun.

“Mereka dipersilahkan untuk mengembangkan sasirangan dalam bentuk produk yang lain. Misalnya tas, dompet, dan lain-lain,” terang Rustam.

Karena kain sasirangan ini tidak bisa diproduksi secara massal dalam waktu tertentu, ia meminta produksi kain sasirangan benar-benar dipersiapkan dengan matang.

“Jadi harus mempunyai waktu yang cukup untuk memproduksinya dengan jumlah yang banyak,” tutupnya.(*)

Baca Juga: Pemerintah Perlu Perhatikan Teknologi Pengrajin Sasirangan

Baca Juga:Tampilkan Kain Sasirangan, Maulida Terpilih Jadi Putri Nusantara IPDN 2019

Editor : Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner