Pemkot Banjarmasin

Kampung Jelujur Bukti Banjarmasin Kian Serius Jaga Kualitas Sasirangan

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina meresmikan Kampung Tematik Jelujur Sasirangan Pertama di Kawasan Alalak, bertempat di Kampung Jelujur Alalak Utara.

Featured-Image
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina meresmikan Kampung Tematik Jelujur Sasirangan Pertama di Kawasan Alalak, bertempat di Kampung Jelujur Alalak Utara.

bakabar.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina meresmikan Kampung Tematik Jelujur Sasirangan pertama di Kawasan Alalak, bertempat di Kampung Jelujur Alalak Utara, Sabtu (29/6/2024).

Ibnu Sina menyampaikan apresiasi dan penghormatan kepada seluruh warga, khususnya para ibu-ibu yang berprofesi sebagai penjelujur kain Sasirangan di kawasan tersebut.

Ia menekankan pentingnya peran para penjelujur dalam mempertahankan kualitas dan keaslian kain Sasirangan.

“Kita bangga ya, Kota Banjarmasin  sudah mendapatkan sertifikat indikasi geografis yang berasal dari Kalsel. Jadi, tidak ada yang bisa menggugat atau klaim sepihak tentang asal muasal Sasirangan selain Kalimantan Selatan, tapi ada satu hal yang dilupakan, kain Sasirangan tidak akan jadi kain Sasirangan tanpa tukang menjelujur," jelas Ibnu Sina.

Dengan diresmikannya Kampung Jelujur tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing kain Sasirangan dari Kalsel.

Kemudian juga memberikan penghargaan yang layak kepada para penjelujur yang telah bekerja keras mempertahankan warisan budaya.

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada bank kalsel telah menyalurkan dana CSR kepada pengrajin jelujur Sasirangan.

"Oh iya saya juga berterima kasih kepada Bank Kalsel yang akan menyalurkan dana CSR nya untuk ibu ibu penjelujur ini. Agar makin semangat dalam membuat motif motif baru sasirangan dan menjaga kualitas terbaiknya," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner